5 Jenis Bahan Kerudung yang Nyaman untuk New Hijabers

Baru mau berhijab? Panduan di bawah ini bisa membantumu menemukan jenis bahan kerudung yang nyaman. Yuk, silakan disimak!

Kalau dulu saya pernah menulis tentang essential kit for everyday hijab -item wajib untuk memakai hijab-, sekarang waktunya eksplore beberapa jenis hijab -untuk selanjutnya saya akan menyebut kerudung- yang bisa menjadi andalan sehari-hari, terutama bagi newly hijabers yang masih mencari-cari jenis kerudung yang cocok dan nyaman bagi dirinya. Jenis kerudung ini insya Allah yang paling versatile digunakan, dan akan menghemat waktumu untuk berpetualang dengan 1001 jenis hijab di pasaran.

bahan-kerudung-yang-nyaman-1

Menghemat waktu, karena bagi saya sendiri mencari jenis, bahan dan model kerudung yang saya sukai butuh waktu cukup lama. Hal ini terkait dengan berbagai hal. Pertama, ketersediaan. Sekitar 10 tahun lalu (waduh ketahuan generasinya ;)) tidak ada panduan dan inspirasi terutama dari internet tentang hijab dan baju muslim. Pilihan kerudung sangat terbatas, sehingga saya menggunakan bahan yang ada, yang di kemudian hari ternyata kerudung tersebut benar-benar tidak terpakai lagi karena menemukan bahan lain yang lebih oke.

Selanjutnya, pengenalan dan pemahaman akan bentuk wajah, dan personal style. Ini sangat mempengaruhi perjalanan menemukan ‘gaya’ kerudung yang tepat. Bagi mereka yang baru berhijab, memakai kerudung seringkali akan mengubah drastis personal stylenya selama ini. Memakai kerudung berarti menambahkan selembar kain lagi dalam komposisi berpakaian kita. Agar transisi ini berjalan mulus, banyak-banyaklah mencoba berbagai jenis gaya dan bahan kerudung di rumah.

Ketiga, tren kerudung. Walaupun tidak mengikuti perkembangan tren, tetapi secara tidak sadar kita juga sering ikut-ikutan mencoba jenis kerudung tertentu yang sedang digandrungi. Masih ingat dulu saat tren kerudung kaos yang sekarang nyaris hilang sama sekali, atau kerudung paris yang disebut jilbab sejuta umat. Terkadang saya pun mencobanya dan meyakinkan diri sendiri bahwa kerudung tersebut cocok dengan diri saya, padahal sebenarnya tidak.

Yang keempat, adalah keterampilan kita menggunakan kerudung. Ini tentu saja perlu waktu. Bahan-bahan kerudung yang biasanya tidak menjadi pilihan bagi orang lain, bisa jadi adalah jenis yang cocok untuk kita karena memang kita sudah menguasai cara memakainya dengan pas. Seperti kerudung semi instan bahan rajut, siapapun akan mengatakan bahwa kerudung tersebut susah digunakan, dan panas. Tetapi jenis kerudung ‘sulit’ seperti ini menjadi pas bagi saya, karena memang sudah ‘klop’ dengan bentuk wajah -dan kepala- dan saya nyaman memakainya.

Nah, beberapa jenis dan bahan kerudung yang nyaman berikut sangat easy going, dan bukan jenis yang ‘sulit’ dipakai. Semuanya mudah dipakai dan tidak ribet, terutama bagi new hijabers.

Lihat Dua Bahan Pertama Disini