banner-detik

beauty school

Serba-Serbi Micellar Water

seo-img-article

Micellar Water kini sedang digemari karena kepraktisannya. Nah, bagi kamu yang baru ingin memakai atau mungkin malah sudah memakai Micellar Water sebagai bagian dari ritual membersihkan kulit, ada baiknya tetap simak sharing saya kali ini. 

Sebenarnya sudah sejak lama saya ingin menuliskan kembali beberapa hal terkait dengan Micellar Water karena belakangan ini jenis produk ini makin populer digunakan para FD-ers. Sayangnya, karena kesibukan saya akhirnya niat untuk menuliskan artikel tersebut jadi terhambat. Lucunya juga, produk Micellar Water ini banyak digemari para wanita sibuk karena penggunaannya yang simpel. Tapi yuk kita tengok ke belakang sebentar, back to basic, sebenarnya apa dan bagaimana sih penggunaan Micellar Water ini?

Apa itu Micellar Water?

Micellar Water adalah produk pembersih wajah, yang konon diciptakan karena katanya, sih, wanita di Perancis sangat berhati-hati dalam mencuci wajah mereka dengan air keran. Alasannya adalah karena air keran di sana tidak bersih dan beberapa alasan lainnya. Mereka yang memiliki kondisi kulit sensitif apalagi pada saat musim dingin – di saat kondisi kulit lebih kering dan biasanya jauh lebih sensitif – merasa mencuci dengan air keran membuat kondisi kulit mereka tambah buruk. Adalagi, sih, yang bilang … ah, memang dasar bule itu malas kena air di pagi hari apalagi kalau musim dingin dan kena air dingin, brrrrEt voila, terciptalah ide brilian untuk cuci muka tanpa harus menggunakan air keran yaitu dengan Micellar Water. Di mana butiran-butiran micelles bekerja seperti magnet yang menyedot semua kotoran di wajah sehingga terangkat dan bersihlah wajah kita.

bioderma sensibio

Bagaimana cara menggunakan Micellar Water?

Micellar Water digunakan dengan cara membasahi kapas, sampai benar-benar basah, dan menyapukan kapas tersebut ke seluruh wajah. Gunakan kedua sisi kapas tersebut. Biasanya, untuk membersihkan medium coverage makeup saya akan membutuhkan tiga kapas yang sudah dibasahi oleh Micellar Water. Psst, jangan pelit memakai kapas yah kalau memakai Micellar Water, karena tidak ada gunanya berhemat kalau wajah tetap saja kotor.

Kapan dapat menggunakan Micellar Water

Micellar Water, terutama Bioderma Sensibio, meraih ketenarannya karena sering digunakan di runway backstage, untuk menghapus makeup para model di mana akses ke wastafel tidak ada sehingga susah untuk mereka mencuci muka. Intinya, pemakaian Micellar Water itu adalah dalam keadaan terpaksa. So it’s better to use Micellar Water than facial wipes when you have no other choice or you’re feeling lazy.

Selain itu Micellar Water bisa digunakan sebagai makeup remover atau eye and lip makeup remover karena teksturnya yang tidak berminyak maka lebih nyaman digunakan di area tersebut. Intinya produk ini bisa digunakan sebagai pembersih pertama atau first cleanser.

Kapan saya menggunakan Micellar Water?

Banyak yang bertanya pada saya apakah saya menggunakan Micellar Water? Jawabannya, ya, as evidently seen on my Instagram feed. Tapi Micellar Water tersebut biasanya saya gunakan sebagai pembersih makeup mata dan bibir sebelum saya menggunakan cleansing balm karena ampuh sekali, loh, dalam membersihkan seluruh makeup waterproof saya. Alasannya adalah karena dalam menggunakan balm saya tidak mau meratakan seluruh makeup mata dan bibir yang sudah luruh ke seluruh bagian wajah. Jadi saya memilih untuk membersihkannya terlebih dahulu.

Selain itu, dalam keadaan darurat atau malas sekali, biasanya saya akan membersihkan keseluruhan wajah dengan Micellar Water dulu. Baru kalau sudah punya energi saya akan membersihkan yang kedua kali dengan facial cleanser. Micellar Water dapat digunakan sebagai permbersih pertama tapi BUKAN pembersih satu-satunyaIf I’m really-really tired, god forbid, it maybe forgivable to use it as the only cleanser once in a blue moon but not every single day.

Kiat lainnya yang saya baca dari kebanyakan blogger Perancis adalah biasanya mereka akan menyemprotkan Thermal Water, another French women’s staple beauty product, ke seluruh wajah dan kemudian menyeka air yang tersisa dengan kapas. Dengan demikian perasaan sedikit lengket dari Micellar Water akan hilang. Maybe this is a good option for a quick morning cleanser.

Nah, bagaimana dengan kalian? Apakah kalian sudah menggunakan Micellar Water dengan benar?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment