Memahami Prinsip Dasar Double Cleansing

Sudah sering membaca istilah Double Cleansing di Female Daily? Namun masih bingung tentang artinya? Inilah penjelasan tentang Double Cleansing dan mengapa kita wajib mempraktikkannya setiap hari?

Ketika pertama kali bergabung dengan Female Daily, Hanzky dan Nopai adalah yang memperkenalkan saya pada beauty jargon “Double Cleansing”. Ya, boleh dibilang, Double Cleansing adalah ritual membersihkan wajah yang sudah “mendarah-daging” dipraktikkan oleh seluruh anggota FDHQ dan juga sebagian besar para member FD.  Saat itu, terus terang saya benar-benar belum paham arti Double Cleansing. Nah, lewat artikel ini, saya ingin berbagi kembali informasi tentang prinsip dasar Double Cleansing yang ternyata sangat bermanfaat bagi kulit wajah.

Sejak saya mempraktikkan Double Cleansing ini dalam membersihkan wajah, maka kulit wajah terasa lebih bersih dan cerah. Saya perhatikan komedo jadi jarang terlihat dan jerawat pun jadi enggan muncul. Hasilnya, kulit wajah saya jadi lebih halus!

Double Cleansing pada dasarnya adalah ritual membersihkan wajah dengan melakukan 2 tahap pembersihan agar sisa-sisa makeup, debu maupun kotoran yang menempel di kulit wajah dapat benar-benar terangkat. Saya mendapat info pertama tentang Double Cleansing dari artikel Deszell, “Doing The Double Cleansing Routine”.

how-to-apply-cleansing-milk

Istilah Double Cleansing ini sebenarnya diperkenalkan pertama kali oleh sebuah skincare asal Jepang. Dan pada intinya, Double Cleansing ini adalah membersihkan wajah dengan melalui 2 tahap, untuk itu diperlukan:

  1. Pembersih Wajah / Makeup Remover

Usai beraktivitas seharian, Anda wajib membersihkan wajah dengan memakai produk pembersih wajah / makeup remover, di malam hari. Ya, setelah seharian memakai serum, moisturizer, sunscreen, foundation dan makeup, maka setibanya di rumah, segera bersihkan semua produk yang melekat di kulit wajah Anda. Pastikan semua sisa makeup terangkat dan tak ada sisa-sisa yang masih menempel di kulit wajahmu. Ada beragam jenis produk pembersih wajah yang bisa kamu pilih, mulai dari cleansing oil, cleansing milk, cleansing cream hingga toner. Ikuti instruksi pemakaian yang tertera di produk agar kulit wajah Anda benar-benar bersih.  Kamu perlu informasi seputar produk makeup remover? Silakan baca di  sini.

  1. Facial Wash

Meskipun kamu sudah membersihkan wajah dengan cleansing oil, cleansing milk ataupun cleansing cream sekalipun, tetap wajib melanjutkan pembersihan wajah dengan facial wash atau sabun muka. Jadi mulai sekarang, walaupun produk pembersih wajah yang biasa kamu gunakan menyatakan bahwa mampu mengangkat sisa-sisa makeup dan kotoran, tetap harus lanjutkan ke tahap pembersihan kedua. Inilah yang disebut dengan Double Cleansing. Beberapa Dermatologist bahkan menyarankan agar kita rutin mencuci wajah dengan face wash sebanyak 2X sehari.

Mengapa kita wajib melanjutkan lagi proses pembersihan wajah dengan mencuci muka? Karena face wash akan membersihkan secara tuntas sisa-sisa makeup, debu, kotoran maupun residu dari produk pembersih wajah pertama yang masih menempel, juga mengangkat sel kulit mati. Facial wash dapat membersihkan pori-pori wajah sehingga tidak tertutup oleh kotoran.

Kamu bisa dapatkan rekomendasi face wash yang tepat sesuai jenis kulit maupun budget yang kamu punya di sini.

Nah, sekarang kamu sudah semakin paham tentang cara membersihkan wajah Double Cleansing. So, what are you waiting for? Let’s practice it everyday!