banner-detik

eye makeup

Clumpy Lashes, Suka atau Tidak?

seo-img-article

Sama seperti fashion, tren di dunia beauty pun selalu berubah dan pasti ada saja tren baru yang tidak disangka-sangka. Bila tahun lalu, Instagram brows muncul sebagai tren yang digilai para beauty enthusiast, belakangan keluar tren baru yaitu feathery brows.

Ada tren yang disukai, ada juga yang tidak. Di artikel ini saya akan membahas tentang tren clumpy lashes, yaitu gaya mascara yang sengaja dibuat “berantakan”. Familiar dengan gaya ini?

clumpy mascara tren 1Gambar dari sini

Sebetulnya saya agak bingung bagaimana menerjemahkan istilah “clumpy lashes” yang baik dan benar. Arti dari kata “clumpy” itu sendiri adalah gumpal. Dan bicara soal gumpal, maka gumpal adalah kata yang biasanya paling dihindari ketika kita membahas seputar pemakaian mascara. Lho, dihindari kok lalu bisa jadi tren?

Clumpy lashes, atau sering juga disebut spider lashes, adalah gaya bulu mata yang terlihat tebal, bervolume ekstra, dan sengaja dibuat agak “berantakan”. Clumpy lashes memberikan efek yang dramatis pada bulu mata sehingga seringkali menjadi pusat perhatian dari keseluruhan makeup look. Jarang saya melihat clumpy lashes dipadukan dengan heavy smokey eyes atau cut crease eyeshadow karena clumpy lashes itu sendiri sudah menjadi statement yang mencolok.

twiggy lashes 2Gambar dari sini

clumpy lashes 4-sideDari mana datangnya tren clumpy lashes? Dari mana lagi kalau bukan runway. Sama seperti glossy lids dan bleached eyebrows, tren clumpy lashes mulai digandrungi kembali setelah beberapa model terlihat menggunakannya ketika berjalan di runway musim gugur tahun 2015 ini. Tentunya gaya ala clumpy lashes juga sudah hadir sejak bertahun-tahun yang lalu, tepatnya pada model terkenal Twiggy yang identik dengan mata besar dan bulu matanya yang hitam dan tebal. Mirip-mirip, kan?

Bagaimana cara mengaplikasikan mascara untuk mendapatkan efek clumpy lashes? Tentu saja bermacam-macam, tinggal pilih saja yang paling sesuai dengan selera. Kamu bisa memakai dua sampai tiga mascara lalu di-layer hingga mencapai ketebalan yang diinginkan, atau bisa juga hanya menggunakan satu mascara saja. Tutorialnya sudah pernah dibuat oleh member FD Angela Jess di video ini. Kemudian ada juga lho, mascara yang diciptakan khusus untuk look ini, yaitu Maybelline Volum’ Express Colossal Chaotic Mascara atau Voluminious Miss Manga Rock Mascara dari L’Oréal Paris.

Nah, pertanyaannya adalah, apakah kamu menyukai tren ini? Atau sudah pernah mencobanya, mungkin? If you ask me, I’d prefer to stay on the safe (or boring?) side when it comes to mascara. Bulu mata saya sayangnya tidak terlalu panjang dan bentuknya lurus ke depan. Jadi jangankan gaya clumpy lashes, memakai mascara dengan cara biasa saja bisa memakan waktu cukup lama karena bulu mata saya yang bandel dan susah sekali dibuat lentik!

I would really love it if you write your thoughts and opinions on the comment section below. Do you think I should give clumpy lashes a chance? What mascara do you have in mind for this particular look?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment