banner-detik

fitnfab

Sarapan Buah di Pagi Hari Lebih Sehat?

seo-img-article

Siapa yang masih segan atau malas sarapan pagi? Padahal sarapan pagi itu sangat penting karena menjadi “bahan bakar” bagi tubuh untuk dipakai beraktivitas. Dan ternyata, mereka yang rutin sarapan, bisa lebih langsing dibanding yang tidak. Inilah fakta-fakta pentingnya sarapan bagi tubuh kita!

Breakfast

Sarapan atau makan pagi penting untuk memberikan energi bagi tubuh dan otak, setelah semalaman tubuh kita beristirahat. Saya pernah membaca beberapa jurnal kesehatan dan juga artikel yang membahas bahwa makan pagi yang sehat dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan konsentrasi, serta memperbaiki mood dan menurunkan kadar stres. Secara jangka panjang, makan pagi dapat membantu menurunkan obesitas, darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes. Melewatkan makan pagi membuat tubuh menjadi lebih agresif mengirimkan signal lapar sehingga menjadi lebih banyak konsumsi makanan di luar waktu makan lainnya.

Sebuah survei terbaru yang dilakukan para ilmuwan dari Pusat Kesehatan Nordic HELGA (Nordic Health – Whole Grain Food) di Copenhagen menemukan bahwa 1 dari 10 wanita akan melewatkan sarapan demi langsing. Padahal menurut ahli diet Gerladine Georgeou, menurunkan berat badan bukan berarti melewatkan makan. Mengutip laman Body and Soul, edisi Senin 21/04/ 2014, Gerladine mengatakan, kunci untuk setiap program penurunan berat badan yang seimbang adalah mengonsumsi protein, karbohidrat serta lemak baik setiap kali makan.

 

dr fiastuti2

Hal yang sama juga diungkap oleh Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Indonesia dalam talkshow “Awali dengan Kiwi”, yang diadakan Zespri, beberapa waktu lalu. Dr. Fiastuti mengungkap, “Nutrisi yang diperlukan saat pagi hari antara lain karbohidrat, serat, protein, lemak, cairan, vitamin dan mineral. Karbohidrat merupakan sumber tenaga. Karbohidrat yang diperlukan adalah karbohidrat kompleks seperti beras, gandum, buah dan sayuran. Buah dan sayuran mudah dicerna, terutama setelah semalaman pencernaan kita beristirahat. Serat diperlukan untuk memberikan rasa kenyang lebih lama sebelum makan siang sehingga mengurangi rasa ingin makan camilan penunda lapar yang justru kadang tinggi kalori dan tidak sehat. Vitamin dan mineral penting untuk meningkatkan sistem imun dan sumber energi. Lemak berfungsi sebagai sumber tenaga, membantu penyerapan vitamin dan pertumbuhan sel.” Nah, berarti dari penjelasan Dr. Fiastuti ini, sarapan dengan buah amatlah baik bagi tubuh dan bisa membantumu tetap langsing!

Kalau begitu, buah apa yang sebaiknya kita makan di pagi hari?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment