Skincare 101: Pentingnya Eksfoliasi Kulit Wajah Setiap Hari dan Mingguan

Rasanya sudah sering sekali kami membahas mengenai pentingnya eksfoliasi, baik dalam artikel khusus maupun selipan dalam artikel-artikel yang terkait dengan perawatan wajah. Mudah-mudahan belum bosan, ya, membaca artikel terkait dengan eksfoliasi. Karena menurut saya, selain pembersihan yang benar ekfoliasi ini penting sekali.

Kulit kita memiliki kemampuan untuk beregenerasi setiap 28 hari. Seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit beregenerasi tidak lagi sempurna dan bisa saja pelepasan kulit mati tidak merata. Contohnya saja saya, ternyata setelah sampel sel kulit saya di bawa ke lab Menard di Jepang, hasilnya adalah pelepasan kulit mati saya tidak sempurna! Padahal pelepasan kulit yang sempurna inilah yang membantu membuat kulit kita tampak lebih sehat, bercahaya dan tentu saja *ehem* awet muda.

Sekarang setelah tahu mengapa eksfoliasi itu penting, kapan dan bagaimana sih kita membantu eksfoliasi kulit?

Ada dua jenis eksfoliasi:

Exfoliation2

  1. Chemical exfoliation: yaitu menggunakan zat kimiawi seperti AHA dan BHA untuk membantu melepaskan ‘lem’ yang menempelkan sel-sel kulit mati ke permukaan kulit kita. Karena, ya itu tadi, makin bertambah usia maka kemampuan sel kulit kita beregenerasi semakin berkurang oleh karena itu butuh dibantu dengan zat asam.02-totalbeauty-logo-guide-to-treating-keratosis-pilaris
  2. Physical exfoliation: eksfoliasi dengan menggunakan kandungan abrasive yang bisa membantu eksfoliasi kulit dan pembersihan sel-sel kulit mati yang sudah tidak lagi menempel ke permukaan kulit. Not my favourite choice because this is less effective than acid. Kebanyakan sel kulit yang harus kita eksfoliasi biasanya masih menempel pada permukaan kulit dan butuh bantuan ekstra yang tidak bisa dibantu oleh produk seperti scrub atau pembersih wajah mekanikal seperti Clarisonic atau Foreo Luna lakukan. They’re good for cleansing the skin surface but not for  overall exfoliation.

Mengapa perlu melakukan eksfoliasi kulit wajah baik harian maupun mingguan?