Berbuka Puasa Sebaiknya dengan Makanan Ringan atau Langsung Makan Nasi?

Sering diundang buka puasa bareng teman-teman? Biasanya sekalian dilanjutkan dengan acara makan malam. Tapi, apakah perutmu siap sehabis berpuasa seharian lalu langsung diisi dengan makanan berat, seperti nasi dan lauk-pauk lengkap?

plate

Kalau hasil saya search di google dan juga beberapa kali mendengarkan talkshow seputar cara menjaga kesehatan atau stamina di bulan puasa, maka setelah kurang lebih berpuasa 13 jam, sebaiknya kita berbuka puasa dengan cara makan sedikit demi sedikit agar perut nggak kaget. Walaupun, puasa itu sebenarnya sangat baik untuk menjaga kondisi kesehatan lambung. Karena, saat berpuasa sebenarnya kita sedang mengistirahatkan lambung agar tidak perlu bekerja terus menerus mencerna makanan dan minuman. Tapi, setiap orang memiliki kondisi yang berbeda, begitu juga dalam memutuskan menu buka puasa yang tepat.

Puasa bukan hanya sekadar nggak makan dan minum dalam waktu tertentu, tapi bukan berarti kamu bisa langsung kalap atau “balas dendam” pada saat waktu berbuka. Kondisi perut dan lambung yang terbiasa kosong selama beberapa jam, bisa menimbulkan reaksi seperti kembung, perut terasa begah, mual, dan sebagainya. Saat berbuka, tubuh perlu mengompensasi gula darah dalam tubuh. Maka dari itu, disarankan agar berbuka puasa dengan makanan manis agar dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan energi.

Menurut pakar gizi dan nutrisi, Prof. Hardinsyah, MS, sebaiknya berbuka puasa diawali dengan makanan ringan dan manis. Beliau menganjurkan, agar tidak langsung mengonsumsi makanan berat sehabis puasa. Dan tentu, mengontrol asupan makanan itu perlu demi kesehatan kamu! Nah, makanan apa saja sih yang baik untuk lambungmu sehabis berpuasa?

Buka Puasa dengan Makanan Manis dan Ringan!