Waspadai Zat Berbahaya di Dalam Jajanan Lezat Berbuka Puasa

Ada banyak pilihan jajanan pedagang kaki lima dan pedagang keliling untuk makan siang atau sekedar ngemil sore. Selain harganya yang terjangkau, pilihan makanan mulai dari yang manis sampai yang gurih semua tersedia. Memasuki bulan puasa nanti, pasti jalanan akan tambah ramai oleh pedagang makanan. Tapi apakah semua jajanan ini aman?

Hampir di setiap sudut jalanan Jakarta kita bisa menemukan pedagang kaki lima atau gerobak. Mulai dari makanan berat seperti Sate dan Nasi Goreng Gila sampai makanan penutup seperti Es Cendol dan Es Podeng, semua ada. Apa lagi dalam hitungan hari kita sudah memasuki bulan puasa, pasti akan lebih banyak pedagang yang menjual aneka jajanan berbuka. Salah satu yang membuat para pedagang ini laku adalah harganya yang murah, rasanya juga nggak kalah enak sama yang di restoran.

Tapi kalian pernah menanyakan nggak kenapa harga makanan di kaki lima bisa sangat murah? ┬áNah, beberapa pedagang ini menggunakan bahan-bahan yang berbahaya demi meraup untung besar. Makanan dan minuman yang “dipalsukan” ini, sangat berbahaya bagi kesehatan kita dalam jangka panjang. Berikut adalah beberapa makanan kaki lima yang berbahaya dan beberapa tips untuk mengenalinya.

Es Krim Sampah

First of all sampah aja sudah seharusnya dibuang dan nggak boleh kita makan, ini ada pedagang yang tega membuat Es Krim dari sampah. Jadi Es Krim ini terbuat dari limbah pabrik Es Krim yang tidak layak makan. Limbah Es Krim dibungkus dalam plastik besar dalam keadaan cair yang sudah bercampur dengan sampah-sampah lain. Para oknum yang tidak bertanggung jawab ini mengambil limbah Es Krim dari tempat sampah dan dijual lagi kepada para pedagang kecil. Limbah Es Krim ini kemudian diolah oleh para pedagang untuk dijual lagi agar untungnya bisa lebih tinggi. Pastinya Es Krim ini jauh dari kata higienis dan nggak layak dikonsumsi.

ice cream

Tips Mengenali Es Krim Sampah:

  1. Perhatikan Warna Es Krim, warna Es Krim yang tidak asli lebih pudar.
  2. Perhatikan kekentalannya, Es Krim yang tidak asli lebih encer dan lebih cepat meleleh.

Ayam Berbalut Obat Kompres Luka!