Biota Laut Dalam Motif Batik Koleksi Terbaru Danar Hadi

Kalau ada sebuah apparel brand yang secara eksplisit menyatakan dukungannya terhadap program pemerintah dalam memajukan kemaritiman Indonesia, mungkin Danar Hadi adalah yang pertama. Awal bulan Mei ini Danar Hadi meluncurkan koleksi barunya dengan tema “Nautical Sense”, yang tidak sekadar bertema laut yang memang “langganan” menjadi sumber inspirasi, tetapi bertujuan mendukung program nasional tersebut.

Untuk sebuah fashion label umum, mungkin saya akan bisa membayangkan seperti apa inspirasi keindahan laut diaplikasikan dalam tema, detail dan gaya sebuah koleksi. Tetapi tema laut dalam batik? Hmm..menarik! Ternyata benar, bukan hanya mengambil nuansa warna laut dan sekitarnya, tetapi Danar Hadi benar-benar menciptakan beberapa motif batik dengan bentuk beragam biota laut! Saat melihat koleksinya, saya bisa melihat bentuk-bentuk ikan, udang, kerang dan terumbu karang yang disamarkan dengan pola tertentu menjadi sebuah motif batik yang unik, dan tetap kental nuansa batik-nya, tidak menjelma seperti printed material biasa.

kombinasi danar hadi 1

 

Nautical Sense ini menjadi koleksi kedua yang diluncurkan tahun ini, sebagai kegiatan produksi rutin untuk mengeluarkan rangkaian koleksi baru sebanyak 4 kali dalam setahun. Istimewa, karena inspirasi kemaritiman tersebut.

kombinasi danar hadi2

Lini produk yang ditampilkan adalah Danar Hadi (DH) Basic, DH Exclusive dan DH Sport. DH basic menampilkan koleksi dengan bahan katun, berkonsep semi formal yang cocok digunakan untuk office wear maupun smart casual. DH exclusive dengan desain yang lebih formal dan material sutera crepe yang elegan, dengan tampilan dewasa untuk acara-acara formal. Sedangkan DH Sport ditujukan untuk mereka yang berjiwa muda dan dinamis, tampil dengan konsep tropical, aplikasi batik yang lebih ringan dan lebih colorful.