banner-detik

food nutrition

Inovasi Terbaru dari Tropicana Slim - Minyak Kanola, Pilihan Lebih Sehat untuk Memasak

seo-img-article

 Ada beberapa hal penting yang bisa saya simpulkan dari penjelasan dr. Fiastuti Witjaksono:

1. Semua makanan yang kita pikir sebagai “lemak” memang tersusun dari asam lemak, yakni asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh.

2. Menurut Pedoman Gizi Seimbang (PUGS) Indonesia, manusia dianjurkan mengonsumsi lemak sekitar <25% dari total asupan kalori harian, dimana American Heart Association (AHA) merekomendasikan konsumsi lemak jenuh < 7%, dan sisa asupan harus dipenuhi oleh asam lemak tidak jenuh.

3. Asam lemak jenuh, yang biasa terkandung dalam lemak hewani, kulit ayam, dan minyak kelapa sawit (minyak goreng pada umumnya), dikategorikan sebagai lemak yang kurang sehat  karena dapat meningkatkan kolesterol LDL (jahat).

minyak kanola edit

Minyak kanola atau Canola Oil kaya akan asam lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi kesehatan.

4. Sedangkan, asam lemak tak  jenuh (unsaturated fat) memberikan manfaat bagi kesehatan, karena mampu menurunkan angka kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL (baik).

5. Sumber lemak tidak jenuh dapat diperoleh di antaranya dari kacang-kacangan, alpukat, minyak  jagung, olive oil, dan minyak kanola. Oleh karena itu, pemilihan minyak yang tepat– yang tinggi lemak tak jenuh, dapat membawa manfaat kesehatan bagi tubuh.

6. Adapun salah satu asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung adalah omega-31,2 yang dapat kita temukan dalam minyak yang berasal dari biji bunga kanola.

7. Publikasi yang dikeluarkan British Journal of Nutrition menujukkan konsumsi omega-3 ini dapat melindungi jantung. Hal ini ditunjukkan dari penurunan risiko penyakit jantung dan kematian akibat serangan jantung3.

8. Dan untuk mendukung pola hidup sehat, masyarakat juga disarankan untuk mengganti proses menggoreng (deep frying) dengan proses masak yang lebih sehat. Mengolah makanan dengan proses menumis, memanggang, dan pan-frying menjadi opsi yang jauh lebih menyehatkan bila dibandingkan dengan menggoreng. Nah, kini kamu sudah lebih paham tentang pola makan sehat, kan? Kurangi lemak dan perbanyak makanan yang mengandung lemak tidak jenuh. Oh ya, produk Tropicana Slim Canola Oil ini sudah tersedia di semua supermarket dan hypermarket terkemuka serta  www.nutrimart.co.id . Harga per botol ukuran 1 liter, Rp 55.000,-

Referensi:

  1. http://www.webmd.com/food-recipes/canola-oil (diakses pada 13 Maret 2015)
  2. http://www.webmd.com/diet/healthy_oils_healthy_fats?page=2 (diakses pada 13 Maret 2015)
  3. Long chain omega-3 fatty acids and cardiovascular disease: a systematic review. British Journal of Nutrition 107 (Suppl 2) : 201-213 (2012).

Slow Down

Please wait a moment to post another comment