banner-detik

style

Panduan Menemukan Ukuran Bra yang Tepat Agar Payudara Tetap Sehat

seo-img-article

Bra dan perempuan bagaikan soulmate yang tidak terpisahkan. Kita membutuhkan bra karena untuk menopang dan melindungi payudara. Selain itu, pemilihan bra yang tepat juga bisa menjaga keindahan dan kesehatan payudara.

Ukuran dan bentuk payudara pada setiap perempuan pastinya berbeda. Banyak perempuan dengan payudara kecil merasa iri dengan perempuan lain yang berpayudara besar, and vice versa. Padahal, yang lebih penting untuk dipertimbangkan adalah bagaimana menjaga bentuk payudara agar tetap indah dan sehat. Tapi, tahu nggak sih kalau ternyata menurut sebuah study pada tahun 2010, terdapat sekitar 85% perempuan masih memakai bra dengan ukuran yang salah. Padahal untuk menjaga keindahan serta kesehatan payudara, salah satunya adalah kita harus memilih ukuran bra yang tepat, lho.

Baca juga: 5 Produk Body Care Lokal untuk Menjaga Keindahan Payudara

payudara

Kalau sampai salah pilih ukuran bra, memang apa sih efek sampingnya? Nah, menurut artikel yang dilansir pada Halodoc, ada beberapa dampak buruk dari penggunaan bra yang salah. Mulai dari mudah sakit kepala, muncul rasa nyeri pada otot-otot di leher, bahu, dada, dan punggung, payudara bisa menjadi kendur, hingga bisa muncul ruam pada payudara kita.

Tanda kita salah memilih ukuran bra

Kadang kita suka nggak sadar akan perubahan ukuran dan bentuk payudara kita. Karena hal ini memang tidak akan terjadi dalam satu malam saja. Tapi kalau kalian mulai merasakan beberapa tanda di bawah ini, artinya sudah waktunya untuk mencari bra baru yang lebih pas dengan payudara kalian.

  1. Bagian belakang bra sering naik, disebabkan lingkar bra yang terlalu besar.
  2. Tali bra sering melorot, disebabkan tali terlalu kendur atau karena lingkar bra terlalu besar.
  3. Tali bra menggigit di pundak, bisa disebabkan karena tali bra ditarik terlalu ketat, lingkar bra terlalu besar, atau tali bra terlalu tipis.
  4. Payudara jadi seperti “kembar empat”, disebabkan pemilihan bra dengan cup yang terlalu kecil.
  5. Cup bra yang mengerut, disebabkan karena ukuran cup terlalu besar.
  6. Payudara beleber ke samping atau ke bawah ketiak, disebabkan cup atau lingkar bra terlalu kecil.
  7. Kawat pada cup bra menekan payudara bagian samping, disebabkan ukuran bra yang terlalu kecil.
  8. Bagian tengah bra yang tidak menempel ke dada (center gore) atau “menganga”, disebabkan karena lingkar bra terlalu besar atau cup yang terlalu kecil.

Cara mendapatkan ukuran bra yang pas untuk payudara kamu

Ternyata, masih banyak di antara kita yang tidak menyadari bahwa fungsi penopang payudara terletak pada lingkar badan atau band-nya. Sementara tali bra hanya berfungsi sebagai penopang tambahan. Sehingga, memilih bra berdasarkan ukuran lingkar badan yang sesuai adalah sebuah hal yang sangat penting. Supaya kamu nggak salah pilih, simak beberapa cara menemukan bra yang pas:

1. Bra yang benar itu apabila kamu merasa nyaman saat mengenakannya. Antara band, cup dan tali bahu terasa pas. Tidak kekecilan atau kebesaran. Dan yang tak kalah penting, payudaramu harus terlihat sempurna saat mengenakan kaos atau baju yang sedikit ketat.

2. Setelah itu, kamu harus mengukur lingkar badan dengan benar. Ingat, lingkar bra menopang sebagian besar payudara, sehingga pengukuran lingkar badan harus tepat. Cara mengukurnya bagaimana? Pertama, kamu harus berdiri tegak, ambil pita meteran dan ukur lingkar dada tepat di bagian bawah payudara. Pita meteran harus cukup ketat, namun kamu masih bisa menyelipkan dua jari di antaranya. Tangan harus berada di samping tubuh, tidak diangkat ke atas. Lalu, pastikan pita meteran berada dalam posisi horizontal lurus mengelilingi tubuh, catat ukurannya dalam satuan inch. Jika hasil pengukuran adalah angka genap, maka itulah lingkar bra-mu. Misalnya, 34 inch. Berarti, ukuran lingkar bra-mu adalah 34 (atau 75 dalam satuan sentimeter). Jika hasil pengukurannya adalah angka ganjil, misalnya 35 inch, maka cobalah bra dengan ukuran 34 atau 36. Pilih yang ketat, namun tetap bisa bernapas nyaman di dalamnya.

3.  Lakukan pengukuran cup dengan melingkarkan pita meteran di bagian puncak payudara, dan jaga agar pita berada dalam posisi horizontal. Pita meteran yang kamu gunakan harus ketat, namun tidak sampai menarik dan mengubah bentuk payudara. Catat hasilnya dalam satuan inch. Kurangi angka tersebut dengan hasil pengukuran lingkar badanmu. Misal: ukuran cup 36 inchi – ukuran lingkar badan 34 inchi = 2 inchi. Untuk mengetahui ukuran cup, kamu bisa melihat tabel kalkulator di bawah ini:

Less than 1 inch (<2.5 cm) = AA

1 inch (2.5 cm) = A

2 inches (5 cm) = B

3 inches (7.5 cm) = C

4 inches (10 cm) = D

5 inches (12.5 cm) = DD

6 inches (15 cm) = DDD (E in UK sizing)

7 inches (18 cm) = DDDD/F (F in UK sizing)

Satu hal penting yang juga harus diingat pada saat membeli bra. Ada baiknya bra tersebut terasa cukup pas dikenakan pada kait pertama (yang paling longgar). Kenapa? Agar kamu memiliki ruang untuk bergeser ke kait berikutnya yang lebih ketat pada saat bra mulai kendur karena sering dicuci.

Selamat mengukur dan mendapatkan bra yang tepat ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment