Merayakan Semangat Hari Kartini Dalam Satu Kata

“Wahai Ibu kita Kartini, putri yang mulia, sungguh besar cita-citanya bagi Indonesia…”

Saat masih di taman kanak-kanak dulu, yang terlintas di kepala saya saat mendengar kata “Kartini” adalah acara panggung gembira yang diselenggarakan oleh sekolah setiap tanggal 21 April. Kami, murid-murid lugu yang mengenakan berbagai macam pakaian daerah dan aneka kebaya, tampil menyanyikan lagu “Ibu Kita Kartini”, dengan suara yang cempreng dan nada tidak karuan. Waktu itu, pemahaman saya akan Raden Ajeng Kartini hanya sebatas mengetahui bahwa beliau adalah sesosok orang di masa lampau, yang mungkin melakukan sesuatu yang penting sehingga sejarah mengingat dirinya dan mengenangnya dalam suatu tembang.

Hari ini, saya mengenang Ibu Kartini dalam konteks yang lebih mendalam. Sebagai pelopor emansipasi perempuan di Indonesia, ada banyak sekali privilege yang kita dapatkan sekarang berkat perjuangan Ibu Kartini. Antara lain adalah kebebasan untuk berpendapat, mendapatkan pendidikan yang layak, dan melepaskan diri dari ‘kurungan’ yang membatasi ruang gerak perempuan.

Banyak sekali sosok perempuan inspiratif di Indonesia, sebut saja nama-nama seperti Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri pertama di Indonesia, atau Tri Mumpuni, pemberdaya listrik yang mengembangkan pembangkit listrik di 60 daerah terpencil di Indonesia. Perempuan-perempuan tersebut adalah perempuan yang mandiri, cerdas, dan gigih dalam mengejar mimpinya. The kind of women that I’m sure Ibu Kartini would be so proud of.

Di hari kelahiran beliau ini, kami di Female Daily mencoba mengenang jasa-jasanya yang mulia dengan video “Satu Kata Tentang Kartini”. We hope you feel as empowered as we are :)

Selamat Hari Kartini, perempuan-perempuan hebat Indonesia!