Karina Hikmayudi, Beauty Blogger yang Jatuh Cinta Pada Organic Makeup

Apakah kamu salah satu penggiat healthy lifestyle? Teratur menjaga pola makan dan rutin berolahraga setiap hari? Nah, kali ini saya akan membahas healthy lifestyle dari sisi lain, yaitu produk makeup organik. Sudah terpikir belum, untuk memasukkan organic beauty ke dalam rutinitas healthy lifestyle kamu? Kalau belum, simak dulu, yuk, obrolan saya dengan Karina Hikmayudi, beauty blogger dari thecofox.blogspot.com :)

Karina Hikmayudi, atau yang biasa dipanggil Karin, adalah satu dari segelintir beauty enthusiast di Indonesia yang menggiatkan konsep green beauty. Saat main ke rumah Karin minggu lalu dan melihat koleksi makeup-nya, saya dikejutkan dengan produk-produk kosmetik organik Karin yang mereknya tidak familiar bagi saya.

Makeup yang dipakai Karin sehari-hari adalah produk makeup yang tidak memiliki banyak bahan kimia di dalamnya. Sebut saja merek-merek seperti Kjær Weis, W3ll People, dan ILIA Beauty. Produk-produk tersebut semuanya mengandung bahan-bahan alami dan tidak diujikan pada binatang. Saya langsung tahu bahwa Karin adalah seorang pecinta binatang karena sebelum masuk ke dalam rumahnya saja saya sudah disambut oleh lima anjing peliharaannya!

Penasaran dengan dunia green beauty?  Simak obrolan saya dengan Karin.

IMG_9206

Hai Karin, ceritain, dong, tentang awal ketertarikan kamu pada organic makeup.

Halo, jadi awalnya waktu itu aku dan kakakku iseng cari-cari produk skincare untuk jerawat, karena saat itu kita lagi jerawatan banget. Lalu aku nemu suatu produk perawatan kulit yang biasa dipakai sama Miranda Kerr, dan di website produk ini juga ada list makeup yang sering dia pakai.

Ternyata aku baru tahu bahwa Miranda Kerr juga suka dengan organic makeup. Contohnya RMS Beauty, salah satu brand makeup organik favorit aku. Nah, karena aku juga suka banget sama Miranda Kerr, aku pun mulai menggali info lebih banyak tentang organic makeup.

Dari situ aku mulai banyak tahu tentang bahan-bahan kimia yang biasanya ada di produk-produk kosmetik. Aku sampai menghafalkan aneka zat kimia yang aku nggak mau ada di dalam makeup yang aku pakai seperti SLS, merkuri, dan sebagainya.

Lama kelamaan “ensiklopedia” aku tentang bahan-bahan berbahaya ini semakin banyak dan aku pun jadi sadar untuk lebih teliti membaca kandungan makeup dan skincare yang aku pakai setiap hari.

Apa, sih, definisi green beauty menurut kamu?

Menurut aku, green beauty itu adalah conscious beauty. Maksud dari conscious itu sendiri adalah ketika saat kita memakai makeup, kita nggak memakai produk yang membahayakan lingkungan atau diujikan pada binatang.

Aku sampai nangis, loh, waktu lihat foto-foto binatang yang dipakai untuk animal testing, karena nggak tega banget lihatnya. Aku pun langsung bertekad untuk nggak pakai produk kosmetik dari brand yang masih men-support animal testing. Aku memilih untuk pakai produk dengan bahan-bahan yang natural, aman bagi lingkungan, dan tetap bermanfaat buat kulitku.

IMG_9187

Apa yang membuat kamu ingin menulis blog?

Aku mulai paham bahwa sekarang ini orang Indonesia udah banyak yang aware tentang healthy lifestyle. Contohnya seperti clean eating, lari, dan pola hidup sehat lainnya. Terus aku kepikiran, kenapa aku nggak coba terapkan konsep yang sama ke rutinitas makeup aku?

Kalau healthy eating kan lebih ke apa yang kita konsumsi ke dalam tubuh, nah, aku ingin mengimbangi dengan apa yang aku pakai di ‘luar’, yaitu makeup. Aku pun berpikir bahwa kayaknya sudah saatnya aku menulis sebuah blog yang bisa menjadi wadah atau platform tempat aku bisa berbagi informasi dan antusiasme aku terhadap green beauty.

Nama blog kamu, thecofox.com itu artinya apa, sih?

Fox is my spirit animal. Dalam simbolisme yang aku pernah baca, binatang rubah itu melambangkan kecantikan. Kecantikan yang dimaksud adalah beauty from the inside out. Di depannya aku tambahin ‘eco’ dari kata ‘eco-friendly’. :)

Ingin tahu tempat Karin belanja makeup? Klik di sini>>