Editor’s Picks: Shawl Tenun Buatan Dalam Negeri yang Nyaman Dipakai, Anti Gerah!

Shawl tenun buatan dalam negeri ternyata menawarkan beragam motif yang kaya. Satu lagi hal yang terpenting, shawl tenun dibuat dari bahan yang dingin sehingga nyaman dipakai, anti gerah. Apa saja pilihan yang tersedia? Simak beberapa pilihan berikut ini. 

Soal tren kerudung/shawl, tahun lalu pun saya pernah menulis tentang kerudung viscose yang sedang diminati banyak hijabers, karena sifat materialnya yang tidak licin dan mudah dibentuk membingkai wajah, bahkan tanpa semat sekalipun. Hingga sekarang kerudung dengan material campuran viscose masih menjadi favorit, dengan gaya melilit kerudung yang sangat simpel.

Tetapi bagi saya kerudung viscose yang banyak beredar di pasaran masih belum memenuhi kenyamanan dan preferensi saya dalam memilih kerudung, karena biasanya ukurannya yang terlalu besar, dan juga hanya tersedia dalam warna-warna polos sehingga menjadi tidak “istimewa”. Ah tapi mungkin ini hanya perubahan selera sementara.IMG_7793 (Small)

 

IMG_7818 (Small)

shawl dari Batik Harni (kiri) dan Neliyo (kanan)

Belakangan ini saya sangat menyukai shawl dengan material yang memiliki struktur, -atau dengan kata lain, agak kaku- tetapi dengan material yang baik. Saya juga menyukai motif/pattern yang tidak biasa, dengan warna-warna alami. Kualitas semacam ini ternyata bisa saya dapatkan pada beberapa shawl dari bahan tenun dan katun. Sebenarnya tenun lebih tepat dikatakan sebagai teknik pembuatan kain, bukan materialnya.

Bila mengunjungi pameran produk karya Indonesia, seperti event IFW 2015 lalu, INACRAFT, ataupun pameran lainnya, biasanya kita akan mudah menemukan shawl tenun seperti ini. Ada banyak sekali macamnya, tetapi yang memiliki kualitas baik biasanya berasal dari material organik (bukan sintetis) dan dengan pewarna alami. Shawl tenun tersebut biasanya tidak dimaksudkan sebagai kerudung -seperti yang biasa dijual di brand-brand busana muslim-, tetapi sebagai shawl biasa, sehingga ukurannya pun relatif lebih kecil (tetapi masih sangat mencukupi untuk digunakan sebagai kerudung).

Berikut ini beberapa shawl produksi Indonesia pilihan saya>>