Cara Mudah Menjaga Gel Eyeliner dan Mascara Tidak Cepat Kering

Gel eyeliner dan mascara mungkin adalah dua produk kecantikan yang sangat mudah kering. Biasanya, gel eyeliner membutuhkan waktu sekitar 12 hingga 24 bulan sebelum dibuang, tergantung pada merek dan kualitas produknya. Sementara itu, mascara masih bisa dipakai dalam kurun waktu 6 hingga 12 bulan.

Mari mulai dengan yang mudah dulu: mascara. Apa yang biasanya kamu lakukan sebelum mascara  menjadi kering dan clumpy? Salah satu tip yang paling sering saya dengar adalah merendam mascara di dalam gelas berisi air panas agar teksturnya meleleh dan mudah digunakan seperti baru pertama kali dibuka.

Image source
Image Source

Permasalahannya adalah semakin sering direndam di air panas, mascara justru lebih cepat mengering. Satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memanjangkan umur mascara adalah hindari mendorong tongkat mascara keluar masuk saat sedang memakainya. Hal ini dapat menambah busa ke dalam botol mascara dan membuat formulanya cepat kering.

Masuk ke bagian yang sulit: gel eyeliner. Produk ini terkenal dengan kemampuannya yang tahan lama dan teksturnya pas untuk menggambar garis lurus di garis kelopak mata, tetapi masalahnya produk ini cepat sekali kering! Jika kamu tidak menutup wadahnya dengan benar, selanjutnya akan sulit sekali untuk digunakan. Agar gel eyeliner awet, saat sedang dipakai biasanya wadah gel eyeliner ditaruh dalam posisi terbalik agar tidak terkena kontak langsung dengan udara. Namun jika gel eyeliner sudah terlanjur kering, berikut adalah tips-tips yang bisa kamu lakukan:

  • Lakukan tips yang sama dengan mascara yaitu merendam wadah gel eyeliner di air panas. Tetapi langkah ini tidak akan banyak membantu jika gel eyeliner sudah kering sepenuhnya karena konsistensi eyeliner jauh lebih kuat dari mascara.
  • Kamu juga bisa memasukkan wadah gel eyeliner ke dalam microwave dan memanaskannya. Pasang waktu 10 detik dan gunakan heat level yang sama seperti saat memanaskan makanan. Jika masih sulit juga, tambahkan lagi 10 detik hingga tekstur eyeliner mencapai konsistensi yang diinginkan.
  • Gliserin adalah pilihan yang cocok untuk menangani gel eyeliner yang mengering. Tuang tiga tetes gliserin ke wadah gel eyeliner  dan panaskan di microwave selama 30 detik. Setelah tektsur gel eyeliner berubah seperti mousse, aduk gel eyeliner dengan menggunakan tusuk gigi. Kamu bisa melakukan cara ini selama empat minggu sekali.

barbara palvin eyeliner

Image Source
  • Untuk solusi yang lebih praktis, gunakan cleansing oil. Celupkan ujung eyeliner brush  yang sudah bersih ke dalam cleansing oil dan aplikasikan gel eyeliner menggunakan brush tersebut. Kamu akan bisa melihat tekstur gel eyeliner yang tadinya kering dengan mudah dapat menempel pada brush. Aplikasikan eyeliner seperti biasa tapi tunggu hingga 20 detik agar formulanya mengering dengan sempurna. Namun, menggunakan cleansing oil dapat membuat eyeliner menjadi kurang tahan lama dan mudah untuk smudging. Beberapa orang memakai gliserin untuk langkah ini tetapi cleansing oil lebih mudah untuk digunakan.

(Artikel ini awalnya ditulis dalam bahasa Inggris oleh DesZell)