L’Oréal Mempersiapkan Perempuan untuk Memajukan Dunia Sains

“We especially need imagination in science. It is not all mathematics, nor all logic, but is somewhat beauty and poetry.

- Maria Mitchell

Dunia membutuhkan sains, dan sains membutuhkan perempuan. Kalimat tersebut adalah kalimat yang dipegang teguh oleh L’Oréal  Indonesia, yang selama lebih dari satu dasawarsa telah mendukung perempuan muda dan peneliti melalui program L’Oréal – UNESCO For Women In Science (FWIS), L’Oréal For Girls In Science (LGIS), dan yang baru diluncurkan tahun 2015 ini yaitu L’Oréal For Sorority In Science (LSIS).

Melanie Masriel, Head of Communications dari PT L’Oreal Indonesia mengatakan bahwa sebagai perusahaan yang berakar dari sains dan ilmu pengetahuan, L’Oréal ingin meningkatkan jumlah perempuan peneliti dengan menerapkan program sains terpadu bagi perempuan. “Sains adalah kunci untuk mendorong dan mempercepat kemajuan suatu negara dan L’Oréal bertujuan ingin menunjukkan bahwa perempuan bisa memberikan kontribusi yang indah bagi dunia,” tutur Melanie saat ditemui di Gedung Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada hari Rabu, 25 Maret 2015 kemarin.

L'Oreal For Girls in Science 2014 dan L'Oreal-UNESCO For Women in Science National Fellows

Untuk siswi-siswi SMA, L’Oréal menyelenggarakan kompetisi sains tahunan untuk mempromosikan sains sebagai pilihan karier yang menyenangkan dan tidak membosankan. Kompetisi sains ini pun memiliki tema yang sangat menarik seperti penelitian bawah laut, penelitian DNA yang terinspirasi dari serial CSI, dan sebagainya. Saya saja dulu waktu sekolah benci dengan pelajaran sains jadi tertarik untuk ikutan! (Walaupun sepertinya akan langsung gugur di babak kualifikasi awal)

Dalam program L’Oréal For Sorority In Science, tersedia beasiswa bagi mahasiswi kurang mampu yang memiliki keinginan untuk berkarir di bidang sains. Program ini ditargetkan untuk mendukung 10 mahasiswi per tahun yang mencakup perkuliahan dan dana perumahan bagi para kandidat yang terpilih.

Sementara itu untuk L’Oréal For Women In Science, L’Oreal memberikan beasiswa sebesar Rp 80.000.000 untuk empat peneliti perempuan Indonesia di bidang Life Science dan Material Science untuk melakukan penelitian. Dewan juri yang diketuai oleh Prof. Dr. Endang Sukara kemudian akan memilih program yang bisa membuat perubahan di masyarakat, memanfaatkan sumber daya lokal, memajukan kualitas hidup masyarakat, dan masih banyak lagi.

Untuk mengunduh formulir aplikasi dan menggali informasi lebih lanjut tentang ketiga program di atas, kunjungi situs resmi L’Oréal Indonesia di sini dan bantu sebarkan berita baik ini agar Anda juga bisa berkontribusi untuk kemajuan dunia sains. Siapa tahu, para siswi atau peneliti muda yang mendapat informasi ini dari Anda ternyata menjadi perempuan pemenang Nobel Prize pertama dari Indonesia :)