banner-detik

handbags

Serba-Serbi Bao Bao Bag Issey Miyake yang Sedang Ngetrend

seo-img-article

Tentang desain pixel pattern tadi, yang dibentuk dari panel-panel segitiga, benarkah bisa bertransformasi bentuk?

Betul, ini merupakan keunggulan utama Bao Bao. Bila kita lihat, bao-bao bentuknya bisa berubah-ubah, mengikuti isi didalamnya. Tapi bukan berarti ‘loyo’, karena pixel-pixel tadi akan berlekuk-lekuk geometris, menciptakan image tiga dimensi, like a piece of art.

bao3

foto dari sini

 

Apa signature item dari tas Bao Bao?

Bao Bao Lucent, yaitu yang mempunyai 6×6 panel. Ini adalah item basic dari Bao Bao, sehingga akan selalu ada. Mengapa? Karena tas 6×6 yang awalnya berbentuk persegi ini bisa kita tekuk-tekuk panelnya sehingga menjadi bentuk tas yang sama sekali berbeda. Saya pernah membuat video tutorial untuk membentuk-bentuk Bao Bao disini.

Memang hanya tas 6×6 panel yang bisa direka-reka bentuknya, karena untuk tas dengan jumlah panel lainnya, misalnya yang lebih besar, tidak akan stabil/kokoh bentuknya. Tetapi untuk menghasilkan efek lekuk-lekuk 3D tadi, semua tas Bao Bao bisa.

bao7

Lucent Basic, memiliki 6×6 panel

 

Apakah Issey Miyake selalu mengeluarkan koleksi baru Bao Bao setiap season?

Benar, ini juga yang sering menjadi ‘salah kaprah’ banyak customer di sini. Bao Bao selalu mengeluarkan edisi baru setiap season, sehingga item-item terdahulu sudah sudah tidak akan ada lagi. Kecuali untuk Lucent yang basic, warna-warna netral (hitam, putih, beige) itu akan selalu ada. Tetapi Bao Bao ini mempunyai range warna yang luar biasa banyak, jadi bila warna tertentu sudah keluar musim ini dan habis, maka tidak akan ada lagi dalam waktu lama.

bao2

foto dari sini

 

Bagaimana perawatan tas ini?

Tidak perlu perhatian khusus, bisa dibilang tas ini cocok buat kita-kita yang males bersihin tas 😉 Bila ada noda pun, cukup dilap dengan tissue atau lap basah langsung hilang. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah penyimpanannya. Biasanya kan kita punya banyak tas, dan tanpa sengaja sering ditumpuk begitu saja. Yang penting, tas Bao Bao jangan ditindih benda atau tas lain yang berat, karena kalau mendapat tekanan berat dalam jangka waktu lama, panel-panelnya tadi bisa rusak, agak bengkok dst. Kalaupun punya beberapa tas Bao Bao, bisa ditumpuk secara mendatar -flat-, asalkan jangan ditindih yang berat-berat.

bao8

Ini dua tas favorit saya, Rock shoulder dan Lucent limited edition

 

Berapa sih range harga tas Bao Bao ini?

Untuk saat ini, di butik saya, tas Bao Bao (tidak termasuk pouch, dompet) mulai dari harga 4,5 juta hingga 15 juta (yang paling mahal, seri crystal rock). Untuk Lucent basic, seharga 5.3 juta. Jadi kalau ada yang menawarkan tas Bao Bao baru seharga 850ribu, patut diduga itu palsu.

Nah soal tas palsu ini, bagaimana sih membedakan tas Bao Bao asli dengan yang palsu?

Biasanya masih mudah dibedakan, karena tas-tas KW tersebut kualitasnya masih jauh berbeda. Pertama, warna-warnanya. Kalau mengikuti seri Bao Bao sejak dulu, kita akan tahu warna-warna unik Bao Bao. Tas palsu (untuk yang berwarna selain hitam/putih) biasanya warnanya agak bias, tidak pas. Yang kedua, panel PVCnya lebih tipis, kalau dilihat ringkih. Panelnya juga mudah lepas dari alas mesh-nya. Ketiga, lempengan panel-panel yang ditempelkan ke alas mesh, bisa dilihat kualitas mesh yang buruk, lebih kasar, mudah ‘meninggalkan bekas tertekuk’, dan sebagainya. Keempat, embos logo Bao Bao yang ada di bagian tag handle, pada tas asli ukurannya standar. Tas palsu biasanya ukurannya lebih besar atau lebih kecil. Kelima, tulisan Bao Bao pada label, biasanya font ‘A’ khas Bao Bao akan berbeda.

Beberapa teman yang hendak pergi ke Jepang sempat bertanya, dimana tempat untuk membeli Bao Bao? Adakah tempat khusus yang menjual dengan harga yang lebih miring?

Saya sendiri sudah bertahun-tahun bolak-balik ke Jepang, dan memang tidak ada tempat lain untuk membeli tas ini, selain di butik resmi Issey Miyake. Di sana pun, untuk membelinya kita biasanya harus antre, karena yang membeli juga banyak dari luar negeri. Dan seringkali, koleksi yang ada di butiknya tidak banyak, karena memang stock yang selalu habis.

Nah, sudah tahu lebih banyak kan tentang tas Bao Bao ini? Oya, ada berita gembira juga bagi yang berencana ke Jepang, atau transit di Jepang, karena Issey Miyake baru saja membuka butiknya di Narita International Airport, di sayap selatan terminal 1. Di sini ada area yang menjual brand Pleats Please, juga Bao Bao. So who’s excited? 

 

 

 

 

 

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment