banner-detik

beauty school

Definisi Cantik Di Mata Si Putih, Kuning Langsat Hingga Sawo Matang

seo-img-article

Sekarang giliran saya.

Katanya sedari kecil saya ini hitam. Kalau lihat foto zaman dulu waktu SD memang iya, benar juga. Saya seperti anak nyasar yang main nimbrung kalau foto bareng saudara saya lainnya. Dari bayi pun dikira anak ART karena nggak seputih Mama. Pokoknya dari kecil sampai SMA, saya terima nasib dibilang yang paling hitam di keluarga.  Apalagi waktu SMA saya tergila-gila main basket dan bisa setiap pulang sekolah, nggak peduli matahari lagi pamer panas sepanas apa, saya tetap mampir ke lapangan untuk main minimal satu jam.  Untungnya orang tua sendiri nggak pernah melempar ledekan ke saya.  Tapi kalau kumpul keluarga besar, ya ada saja yang bilang, “Griss, hitam banget? Suka panas-panasan, ya?”

Mulai kuliah, kulit jadi lebih terang dengan sendirinya. Mungkin karena memang nggak banyak menghabiskan waktu di outdoor seperti dulu dan waktu banyak dihabiskan di kampus, kamar kos, atau kalau pergi pun ya aktivitasnya dilakukan di indoor. Tapi ya kalau ketemu keluarga besar dan teman orangtua, ada saja yang komentar, “Griss sekarang putih ya.  Dulu hitam banget, lho.” (samurai, mana samurai?)

Untungnya, saya nggak pernah merasa minder.  Keluarga inti (mama, papa, kakak dan adik) nggak pernah ngejek dan teman-teman sekolah nggak ada yang ungkit-ungkit dan pilah-pilih teman berdasarkan warna kulit.  Saya pun menjalani 12 tahun sekolah biasa saja sebenarnya, karena teman-teman pun warna kulitnya beragam. Risih dengar komentar dari sanak saudara yang lain? Ya pasti.  Tapi ya dicuekkin saja karena komentar seperti itu menurut saya nggak ada pentingnya.

Semakin bertambahnya usia, pasti deh jadi lebih bisa memberi apresiasi akan beragamnya kecantikan. Di Indonesia yang penduduknya terdiri dari berbagai macam suku dan ras pasti punya warna kulit yang berbeda, namun… semuanya memiliki daya tariknya masing-masing.  Capek, lho, kalau hidup selalu membandingkan-bandingkan diri dengan orang lain.  Hal penting dan sederhana yang bisa dilakukan adalah merawat kulit masing-masing.  Bisa dimulai dari sekarang: pakai body lotion, membersihkan wajah dua kali sehari, pakai pelembap dan sunscreen. Mudah banget, kan?

Punya cerita yang mau di-share tentang warna kulit? Leave comment down below if you want to share your story 🙂

Slow Down

Please wait a moment to post another comment