banner-detik

online shop 2

Zalora Sambut 12-12, Hari Belanja Online Nasional

seo-img-article

Pastikan pada tanggal 12 Desember besok FD-ers membuka laptop dan terhubung dengan internet. Mengapa? Baca, deh, penjelasannya di sini.

Kalau ada yang baru tahu tentang Hari Belanja Online Nasional, nggak usah minder, karena saya juga! Ini adalah satu hari khusus, ketika sebagian besar pelaku bisnis e-commerce memberikan diskon dan deals besar-besaran untuk konsumen, dengan tujuan untuk lebih menyosialisasikan belanja online. Tidak hanya pelaku e-commerce, semua industri pendukung juga ikut ‘merayakan’ satu hari ini, antara lain industri perbankan, telekomunikasi, dan media. So, this is an official event, bukan sekadar ‘sale biasa.’

Kalau di Amerika ada Black Friday yang sudah bertahun-tahun dinobatkan sebagai hari belanja, maka di Indonesia ada satu hari yang dipilih sebagai Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dan akan dipopulerkan sebagai 1212 (twelve twelve). Dalam satu hari ini, semua toko online atau situs e-commerce yang berpartisipasi akan memberikan diskon signifikan, yang jauh lebih besar daripada promo-promo biasanya.

Zalora sebagai salah satu situs e-commerce fashion terbesar di Indonesia tentu saja berpartisipasi dan menyambut antusias hari yang disebutnya sebagai ‘1212 The Online Fever’ ini. Bahkan, Zalora khusus menyiapkan semua resource untuk menyambut 1212. Zalora memberikan diskon yang hanya dikeluarkan sekali dalam setahun, yaitu up to 84%! Deals dan diskon yang diberikan akan benar-benar istimewa, sehingga konsumen bisa mengecek dan membandingkan sendiri harga sebelum hari-H dengan harga (setelah diskon) pada 1212. It’s a massive discount so you better not shop until D-day. 

Menurut Zalora, transaksi yang terjadi pada Harbolnas akan lebih besar 10 kali lipat dibanding hari-hari biasa. Ini sudah dibuktikan pada Harbolnas tahun lalu, yang membuktikan banyak orang sudah aware terhadap hari spesial ini. “On 1212, everybody – I mean everybody!- will be on their gadget and browsing through online shops,” kata Magnus Grimeland, founder Zalora.

Dengan membludaknya transaksi yang akan terjadi nanti, Zalora telah menyiapkan segala sarana internal yang akan mendukung kelancaran proses belanja, sehingga semua order dari konsumen bisa ditangani seperti hari biasa. “Jadi, kami menjamin tidak ada keterlambatan; kami akan menambah jaringan dan kapasitas sehingga produk bisa tetap sampai ke tangan konsumen tepat waktu seperti biasa,” jelasnya lagi.

Untuk melihat kesiapan menyambut 1212 nanti, Zalora mengajak kami untuk melihat langsung warehouse Zalora dan segala aktivitas di dalamnya. And it was huge! Saya sering melihat warehouse perusahaan retail atau industri lain yang memang rata-rata berukuran super besar. Tapi ini adalah sebuah online shop! Saya jadi teringat gudang milik amazon.com (that gigantic warehouse!)

2-IMG_9655

aktivitas Quality Control dan Repackaging

Aktivitas Quality Control dan Repackaging

Gudang ini berukuran lebih dari 5000 m2, dan saat ini menampung 600.000 unit stok aktif (artinya tidak termasuk stok idle, reject, retur, atau sample). 60% barang adalah apparel, dan selebihnya adalah sepatu, tas, aksesoris, dan beauty products. Tidak heran jika kita akan melihat lorong demi lorong di antara rak-rak tinggi yang rasanya tidak habis-habis (saking luasnya). Beauty product ditempatkan dalam sebuah ruangan khusus dengan penyejuk udara, sehingga tidak bergabung dengan produk lainnya.

Semua pesanan dari seluruh Indonesia diproses dari sini – bayangkan menangani 20.000 paket dalam sehari! Pada hari-H 1212 ini, Zalora pun akan mengerahkan semua karyawan dan armada pengirimannya, selama 24 jam penuh! Imagine the frenzy that will be going there. So, have you made your wishlist? ‘Cause this event only happen once a year! 

4-IMG_9712

proses barcoding

3-IMG_9677

Slow Down

Please wait a moment to post another comment