Dr. Andrew Jones Gives Us the Skinny on Scalp Care

IMG_5100Hampir setahun ini saya memiliki banyak pertanyaan mengenai permasalahan kulit kepala, dan terkadang bertanya pada Google tidak cukup menjawab pertanyaan saya mengenai hal ini. Kebetulan, kemarin di acara press launch CLEAR, saya bertemu dengan Dr. Andrew Jones, seorang scalp expert dari Research Scientist Unilever R&D Inggris, dan tanpa buang banyak waktu, saya langsung menghampiri beliau dan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai kulit kepala.

Apa hal yang paling penting untuk menjaga agar kulit kepala tetap sehat?

Sebenarnya ini gabungan dari banyak faktor. Kalau memiliki permasalahan kulit kepala seperti ketombe, tentunya saya menyarankan Anda untuk menggunakan sampo CLEAR secara teratur. Sampo CLEAR ini mengandung Nutrium 10 yang sudah disempurnakan dan memperkuat lapisan kulit kepala. Tetapi, pola makan yang sehat juga dapat berpengaruh dalam hal ini, sama seperti cara kita menjaga kulit apapun yang terbaik untuk kulit kita, maka akan baik juga untuk kulit kepala kita.

Apa penyebab kulit kepala gatal ?

Kulit kepala gatal adalah tanda awal terbentuknya ketombe. Ingat dengan jamur Malassezia? Jamur itulah yang menyebabkan lapisan kulit kepala lemah dan iritasi yang menyebabkan timbulnya rasa gatal, lalu apabila kulit kepala yang gatal kita garuk, maka akan menimbulkan flakes putih.

Kenapa walaupun sudah keramas tetap terlihat adanya flakes atau ketombe pada kulit kepala ?

Flakes adalah sel-sel kulit mati yang ada di setiap orang dan secara alami akan muncul di permukaan kulit kepala.  Bagi yang memiliki kulit kepala  sehat, sel-sel kulit mati ini akan lepas dengan sendirinya.  Namun bagi orang yang kulit kepalanya bermasalah, proses sel-sel kulit mati muncul ke permukaan ini lebih cepat sehingga akan menumpuk sehingga menyebabkan terjadinya ketombe. Untuk mengatasinya, kami menyarankan untuk menggunakan sampo CLEAR karena dapat membantu meningkatkan pertahanan kulit kepala dan memberi nutrisi sampai ke dalam tiga lapisan kulit kepala sehingga menekan laju sel-sel kulit mati yang terlalu cepat.

Apakah dengan mencuci rambut setiap hari akan mempercepat produksi minyak pada kulit kepala?

It’s a myth, kebanyakan orang berfikir bahwa sebum atau minyak akan bertambah bila mencuci rambut secara rutin, tapi tidak ada bukti nyata akan hal itu. Yang terjadi adalah ketika kita mencuci rambut produksi sebum/ minyak akan secara perlahan bertambah, hal itu tidak akan berubah atau mempercepat produksi minyak pada kulit kepala. Dan hal yang serupa adalah ketika kita terkena panas, asumsinya adalah kulit kepala kita memproduksi minyak berlebih, yang sebenarnya terjadi adalah minyak natural yang ada pada kulit kepala kita bercampur dengan keringat sehingga membuat rambut kita menjadi greasy.

Apakah sampoo CLEAR mengandung silicone? Dan apakah silicone ini akan menumpuk dan menimbulkan permasalahan ketombe?

Ya, sampo CLEAR mengandung silicone yang dapat membantu memberikan kelembapan pada rambut. Memang banyak diskusi mengenai penggunaan silicone pada sampo yang dapat mengakibatkan ketombe, tapi scientifically, tidak ada bukti terhadap hal tersebut, sebaliknya silicone dapat membantu untuk melindungi kulit kepala dan rambut.

Dr. Andrew Jones juga memberikan saran agar tidak menggaruk kulit kepala saat keramas, karena tindakan tersebut dapat merusak lapisan kulit kepala kita.