Hada Labo 101: Urutan dan Cara Pakai Produk

Nama Hada Labo pasti sudah nggak asing lagi di telinga kita. Brand ini sudah ramai diperbincangkan di forum Female Daily sejak tahun 2010, bahkan sebelum Hada Labo dibawa oleh Rohto Indonesia ke tanah air. Banyak yang menyukai Hada Labo karena harganya terjangkau, dan banyak varian yang tersedia yang cukup memenuhi kebutuhan kulit perempuan yang beragam.

Kalau pernah lihat-lihat di Watsons, Guardian, atau supermarket, pasti familiar dengan 4 warna yang ada di deretan produk Hada Labo. Ada yang putih (Gokujyun Ultimate Moisturizing), hijau telur asin (Tamagohada untuk mild peeling), biru tua (Shirojyun untuk mencerahkan), dan merah (Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging). Masing-masing seri memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan kulit setiap penggunanya.

Kali ini, saya mau share tentang urutan dan cara pakai dari lini Shirojyun yang dikhususkan untuk mencerahkan kulit. Salah satu keunggulan dan daya tarik lini ini adalah ada kandungan Hyaluronic Acid di dalamnya yang diketahui bisa melembapkan kulit.  Hyaluronic Acid sebenarnya bisa ditemukan di sel tubuh kita masing-masing. Kulit yang masih muda biasanya lebih lembut dan elastis, lalu seiring bertambahnya usia kemampuan untuk memproduksi Hyaluronic Acid ini berkurang sehingga seperti yang kita ketahui bersama, mulai timbul kerutan halus, kulit semakin kering,  Karena itu, nggak heran kalau mulai banyak yang menggunakan Hyaluronic Acid sintetik dalam produk perawatan kulit karena selain bisa melembapkan, kandungan ini bisa meningkatkan kadar air dalam kulit, mengurangi peradangan, dan membuat kulit lebih lembut.

Selain mengandung Hyaluronic Acid, produk-produk Hada Labo Shirojyun pun mengandung arbutin yang merupakan ekstrak dari bearberry yang berfungsi untuk mengurangi produksi melanin dan vitamin C yang sudah diketahui sebagai antioksidan untuk kulit yang juga telah terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan proses perbaikan kulit jika luka, mengurangi munculnya perubahan warna kulit, dan mengurangi peradangan. Jadi, cocok banget, nih, dipakai untuk menyamarkan noda-noda bekas jerawat, apalagi ada bonus kulit jadi lebih lembut dan halus.  Di lini Shirojyun, ada total 5 produk yang tersedia:

Hada Labo ShirojyunKiri ke kanan: Face Wash, Lotion, Essence, Milk, Night Cream

1. Face Wash – Cara pakainya sama seperti face wash pada umumnya.  Saya biasanya membuat foam terlebih dahulu, ratakan di seluruh wajah, lalu bilas dengan air.

2. Lotion – Nah, istilah lotion ini yang terkadang masih membuat bingung. Skincare Jepang biasa memberi label lotion untuk toner, jadi sebenarnya sama saja fungsinya: untuk mempersiapkan kulit agar bisa menyerap produk skincare yang akan diaplikasikan sesudahnya dengan lebih baik. Lotion ini teksturnya tetap cair, namun sedikit lebih kental dibandingkan toner yang biasa kita temukan di western skincare. Cara pakainya tinggal tuangkan secukupnya di telapak tangan, lalu tepuk-tepuk dan ratakan di seluruh wajah.

3. EssenceEssence memiliki tekstur seperti gel. Kemasannya yang memiliki pump membuat saya mudah untuk mengontrol seberapa banyak produk yang mau dikeluarkan untuk digunakan. Cara pakainya mudah saja, tinggal aplikasikan produk secukupnya saja di area yang membutuhkan perawatan lebih seperti bekas jerawat.

EssenceTekstur Hada Labo Shirojyun Essence

4. Milk – Milk berperan sebagai pelembap yang ringan di kulit. Teksturnya agak cair dan warnanya seperti putih susu. Langkah skincare routine di pagi hari selesai sampai tahap ini.  Cara pakainya sama seperti lotion. Sesudahnya, bisa tambah sunscreen jika dibutuhkan.

MilkTekstur Hada Labo Shirojyun Milk

5. Night Cream – Khusus untuk malam hari, supaya kelembapan kulit tetap terjaga, saya pakai juga Night Cream ini. Walaupun memiliki label ‘cream,’ teksturnya tidak terlalu pekat, lho. Perlu diperhatikan, saat menggunakan semua produk skincare, biasakan untuk mengaplikasikan sedikit demi sedikit saja. Kalau kurang, tinggal tambahkan lagi. Usapkan ke wajah sampai menyerap dan jangan sampai wajah terasa basah karena dibanjiri dengan produk yang terlalu banyak.

Night CreamTekstur Hada Labo Shirojyun Night Cream

Jadi, untuk gampangnya,
Pagi: Face Wash > Lotion > Essence > Milk > (SPF) + makeup
Malam: (Cleanser/Makeup remover) + Face Wash > Lotion >  Essence > Milk > Night Cream

Gampang, ‘kan? Kalau masih penasaran dengan testimoni anggota forum Female Daily, feel free to read and join the discussion in the forum thread!