L’Oreal Lifts the Veil on Sun Protection

Sunscreen merupakan salah satu step yang nggak bisa ketinggalan dalam rutinitas makeup saya. Tidak menggunakan full makeup tidak jadi masalah buat saya, tapi tidak memakai sunscreen? It‘s a big no no for me! Saya juga pernah menulis artikel pentingnya menggunakan sunblock untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB, serta apa saja dampak buruk sinar matahari yang bisa dibaca di sini dan di sini.

Ki-ka -- Divya Agrawal, Drs. T. Bahdar J. Hamid, Apt., MPharm. (BPOM), Dr. Sri Ellyani, Sp.KK. (PERDOSKI), Vismay Sharma (L'Oreal Indonesia), Dewi Rijah SariKiri- Kanan : Divya Agrawal, Drs. T. Bahdar J. Hamid, Apt., MPharm. (BPOM), Dr. Sri Ellyani, Sp.KK. (PERDOSKI), Vismay Sharma (L’Oreal Indonesia), Dewi Rijah Sari

L’Oreal pun merasakan pemakaian sunscreen setiap hari dan kapan saja itu sangat penting. Bertempat di The Energy Building, L’Oreal meresmikan program L’Oreal Unveils yang bertujuan untuk  memberi edukasi pada masyarakat Indonesia tentang perlindungan yang dibutuhkan terhadap sinar UV dan bekerja sama dengan BPOM dan juga Pedroski (Perhimpunan Dokter Specialis Kulit dan Kelamin Indonesia).

Untuk memulai kampanye ini, ketiga pihak ini mengadakan konferensi edukasi dan merilis video kampanye edukasi masyarakat yang akan disebarluaskan secara digital. Dalam video edukasi ini terdapat banyak informasi yang mudah dipahami mengenai sinar UV. Dari mulai tingkat intensitas sampai permasalahan kulit yang akan timbul akibat sinar UV. Di video itu juga dijelaskan Sinar UV yang masuk ke bumi dibagi menjadi 2 yaitu sinar UVA dan UVB, Faktanya Indonesia memiliki intensitas UVA tertinggi yaitu 95% dan UVB 5%. UVA dapat menyerap masuk sampai lapisan kulit yang paling dalam dan radiasi UVA dapat menembus lapisan kaca, tembok dan juga baju. Sebaliknya Sinar UVB hanya dapat masuk pada lapisan kulit atas dan tidak dapat menembus lapisan kaca ataupun tembok.  Kalau masih suka bertanya bedanya apa sih SPF 25/ 30/ 50 dan apa sih maksud dari PA +++, di video kampanye ini sudah ada penjelasannya, jadi tonton dulu videonya ya.

Untitled

 

Karena terletak di garis khatulistiwa, Indonesia menjadi salah satu negara dengan paparan sinar UV tertinggi dan mencapai angka 11!  Salah satu permasalahan utama dari paparan sinar matahari ini adalah kulit yang cepat keriput atau menua, khususnya untuk umur 35 tahun ke atas. Dengan menggunakan sunblock secara rajin maka penuaan dini bisa diperlambat dan juga memperkecil timbulnya flek hitam pada kulit wajah.

Untitled

BPOM juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan informasi mengenai pentingnya menggunakan produk sunscreen yang aman dan produk apa saja yang telah memiliki sertifikat BPOM agar masyarakat tahu pasti bahwa produk itu aman untuk digunakan. Diharapkan juga agar masyarakat Indonesia semakin kritis dan mau mulai membaca label kemasan dari produk yang akan dibeli nantinya.

Dari sekian banyak brand kosmetik di bawah naungan L’Oreal, berikut adalah sederet produk  yang memiliki kandungan SPF :

I_182312971_50_20131017-tile-vert

  • Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense SPF 50/PA +++
  • Shu Uemura POREaser SPF 35/PA +++
  • YSL Forever Light CC Cream with SPF 35/PA+++
  • Lancome UV Expert X- Shield BB Complete SPF 50/PA++++
  • Garnier Sakura White dengan SPF 21/PA +++
  • Maybelline White Superfresh SPF 34/PA +++
  • L’Oreal Paris UV Perfect SPF 50/PA+++ Daily Moisturising.

Banyak sekali ilmu baru yang saya dapatkan dari acara ini, khususnya mengenai tingginya paparan sinar matahari di Indonesia. Tentunya ini akan semakin membuat saya rajin menggunakan sunscreen setiap hari. Don’t forget to wear your sunscreen, Ladies!