Cara Mudah Buat Efek Ombré Pada Bibir

As a former die hard KPOP fan, sampai saat ini saya masih suka dengan makeup a la Korea. Memang, sih, cukup sering saya melihat foto selebriti Korea yang terlihat belang antara wajah dan lehernya, dan ada beberapa TVC yang membuat dewy look terlihat seperti banjir basah look. Tapi selain itu, saya menyukai konsep natural look yang seperti sudah jadi signature look perempuan Korea. Riasan mata, bibir, pemakaian blush, semuanya terlihat bagus dengan proporsi yang pas.

Salah satu tren makeup Korea yang belakangan ini cukup sering saya praktekkan adalah  ombré lips. Inti dari ombré adalah membuat gradasi warna. Kita bisa membuat warna bibir dengan warna yang lebih gelap dan semakin muda di bagian tengah dalam seperti yang bisa dilihat di video tutorial ini, atau ada juga yang fokus warnanya justru dititikberatkan pada bagian tengah dalam bibir dan semakin pucat mendekati garis bibir seperti yang saya lakukan di post ini.

Ombré lips yang saya buat menurut saya relatif mudah dan nggak mengeluarkan biaya ekstra karena nggak butuh membeli alat atau produk makeup baru untuk membuatnya. Gunakan saja yang memang dipunya. Bahkan nomor satu dan dua yang tercantum di bawah ini bisa di-skip kalau merasa tidak perlu. Tapi bagi saya yang bibirnya cukup flaky, ini yang saya butuhkan:

Ombre Lips

  1. Vaseline Petroleum Jelly.  Lipbalm yang teksturnya buttery pun bisa.
  2. Waslap atau sikat gigi yang helainya halus.
  3. Concealer atau foundation.
  4. Lipstick, lip tint atau liquid lipstick.

Personally, sebelum mulai beraksi, saya biasanya melakukan eksfoliasi dulu pada bibir menggunakan Vaseline Petroleum Jelly. Oleskan ke seluruh bibir, lalu gosok perlahan dengan waslap. Dengan begitu, kulit mengelupas yang ada di bibir terangkat namun masih ada sisa-sisa produk yang membuat bibir tetap lembap. Kalau terasa butuh kelembapan ekstra, tinggal oleskan lagi Vaseline Petroleum Jelly tipis-tipis. Kalau merasa bibir baik-baik saja, bisa langsung mulai ke langkah berikutnya.

Ombre lips step 1

The second step is make your lips look pale. Biasanya, saya pakai sponge atau brush di mana masih tersisa foundation atau concealer pada bibir. Itu saja sudah cukup menutupi warna asli bibir sampai terlihat agak pucat. Ada lip concealer yang memang khusus untuk bibir, but I’m not willing to spend my money on that just yet. Bagi saya hasilnya terlihat sama saja, kok. Nah, kalau tidak suka dengan base color yang terlihat pucat, concealer/foundation bisa diganti dengan lipstick yang warnanya tergolong nude atau warna lain yang lebih muda dari lipstick yang dipakai untuk mengisi warna di bagian dalam bibir.

Ombre lips step 2

Selesai dengan base color, saatnya mengisi bagian dalam bibir dengan warna yang diinginkan. Pilih lipstick yang warnanya vibrant agar ada gradasi yang jelas terlihat. Untuk langkah ini, saya mengaplikasikan lipstick pertama kali di bagian tengah bibir bawah. Tipis-tipis saja, ya. Kalau intensitas warnanya kurang, menurut saya lebih mudah untuk menambah warna dengan menepuk-nepuk pelan lipstick atau mengoleskannnya ke bibir daripada harus kembali pakai concealer/foundation. Setelah itu, buka tutup bibir dengan tekanan yang pelan agar warna lipstick juga menempel ke bibir bagian atas. Dari situ, saya baru menilai, apakah perlu menambah warna? Bagian mana yang perlu diratakan? Meratakannya tinggal pakai jari tangan. Sudah, deh, selesai. Gampang, ‘kan?

ombre lips Final - femaledaily