Kain Bellini, Dari Pabrik Garmen ke Jakarta Fashion Week 2015

Pada event Jakarta Fashion Week (JFW) 2015 kemarin, tidak hanya karya couture dan ready -to-wear yang ditampilkan pada panggung runway. Pakaian seragam juga ditampilkan dalam show bertajuk¬†Bellini Style at Work. Sudah tahu Bellini, ‘kan? Apalagi generasi di atas kita, pasti kenal dengan nama brand ini. Bellini memang sudah melegenda sebagai merek bahan kain, terutama untuk seragam. Kualitasnya yang tinggi menjadikan produk-produk dari Bellini sudah dipakai sebagai bahan seragam di puluhan instansi nasional dan internasional.

Tahun ini adalah tahun kedua Bellini bekerjasama dengan Jakarta Fashion Week sebagai pendukung dari industri tekstil. Menjelang acara ini, Bellini mengadakan lomba rancang seragam, yang menyaring 30 finalis dan telah menghasilkan tiga desainer sebagai pemenang. Dalam show Style at Work, Bellini menampilkan rancangan ketiga pemenang tersebut, serta fashion show seragam dari Musa Widyatmojo.

 

karya juara 1

1-Karya Juara 2-001

Karya pemenang 1 dan 2 Lomba Rancang Seragam

Pakaian seragam tidak lagi dipandang hanya sebagai baju kerja, baju yang harus dipakai oleh karyawan sebuah perusahaan atau instansi di jam kerja, tetapi menampilkan sebuah image, wajah perusahaan. Karena itu, penting bagi sebuah instansi untuk benar-benar memikirkan image seperti apa yang akan ditampilkan dan disiratkan, tidak hanya sebuah tampilan profesional tanpa sentuhan desain.

Just a little fact I just found out, bahwa seragam pramugari Singapore Airlines yang berupa paduan antara kebaya dan sarung bermotif batik sudah eksis selama 42 tahun? Dan dalam kurun waktu selama itu, seragam yang pada peluncurannya disebut sebagai seragam Singapore Girl segera mencuat dan menjadi icon bagi flag carrier Singapore Airlines. Pierre Balmain, sang desainer haute couture asal Prancis yang merancang seragam tersebut menggunakan teknik adibusana yang memang menjadi keahlian sang desainer.

Musa sendiri dikenal sebagai desainer ‘spesialis’ seragam, walaupun rancangannya tidak hanya sebatas seragam. Dan sejak delapan tahun lalu, ia sudah bekerja sama dengan Bellini untuk semua seragam hasil rancangannya yang dipakai oleh banyak instansi, pemerintah maupun swasta.

Bagaimana rancangan seragam Musa kali ini? Klik halaman berikut.