JFW 2015: Kematangan Kitty Joseph dalam Grafis dan Warna

Kitty Joseph adalah seorang desainer asal London yang telah beberapa kali mengikuti fashion week di London dan Paris. Aplikasi warna dan print dalam berbagai jenis tekstil adalah keahliannya, sehingga hingga saat ini ia telah menjadi konsultan warna untuk banyak label fashion internasional, juga analis tren warna global. Koleksinya beberapa kali menghiasi majalah fashion internasional seperti Vogue, Elle, W Magazine, Tatler, Pop, Stylist, dan sebagainya.

Keikutsertaannya dalam Jakarta Fashion Week 2015 kali ini atas dukungan penuh dari British Council, dan merupakan bagian dari program Indonesia Fashion Forward (IFF).

1-IMG_3430 1-British Council

Sekilas, koleksinya terlihat sangat sederhana dan tidak istimewa. Hampir semua busana berpotongan mini dress tanpa lengan ataupun berlengan. Pada sequence awal, banyak ditampilkan busana dengan gradasi warna biru-tosca-lemon dan abu yang sangat lembut cenderung pudar, mencerminkan perubahan cahaya di langit London yang lembut. Kemudian tampil motif print kotak-kotak dan aksesori berbahan akrilik, yang juga merupakan ciri khas Kitty.

Yang terakhir adalah motif goresan tangan berbentuk bunga-bunga yang sangat artistik, dengan warna-warna kontras putih, kuning, dan biru, aneka warna yang meniru isi kotak stationery miliknya. Kitty pun menggunakan material yang tidak biasa, salah satunya kain sintetis mikro pleats yang elastis (pleated airtex), dan plastik (reversible neoprene) yang diterapkan pada jaket. Katun poplin yang terasa crisp, sebagai kanvas yang sempurna untuk ‘mengeluarkan’ efek warna kontras.

3-British Council2

Model menggunakan make up sangat minimalis dan beach tousled hairdo, so effortless.

2-British Council1

Kombinasi warna-warna dalam koleksinya bisa dibilang tidak populer, tetapi Kitty berani mengolahnya menjadi tampilan yang sangat ringan sekaligus matang. Sebuah pemikiran yang dapat diterapkan bagi desainer Indonesia untuk keluar dari zona aman warna. Motif goresan tangannya pun sungguh artistik dan dinamis, dengan urban look yang begitu terasa.

It’s fresh, it’s modern, absolutely adore the idea!