Eyebrow Masterclass with Jared Bailey, Benefit Global Brow Expert

Sabtu, 1 November 2014 lalu, Benefit Cosmetics Indonesia mendatangkan Jared Bailey, Global Brow Expert dari Amerika ke ibukota.  Sudah bukan rahasia lagi kalau Benefit memiliki banyak produk kecantikan yang banyak disukai oleh banyak perempuan di seluruh dunia, dan juga di Indonesia tentunya. Di Female Daily, kami sudah mencoba cukup banyak produk dari Benefit dan tidak sedikit juga yang jadi favorit kami. Sebut saja, Hello Flawless Oxygen Liquid Foundation yang teksturnya ringan, memberikan coverage yang memuaskan, dan juga punya banyak shade yang sesuai dengan kulit para perempuan Indonesia. Ada juga They’re Real! yang masih menjadi favorit mascara saya sampai saat ini.  Selain itu, masih ada the Porefessional primer dan powder, Push-Up Liner, serta Majorette Cream Blush.

Benefit pun dikenal unggul akan produk dan servis alis. Tahun lalu, Benefit Brow Bar hadir di Indonesia dan menjadi salah satu pilihan bagi banyak perempuan (dan laki-laki, why not?) untuk merapikan alis. Tinggal datang, duduk, dan kurang lebih 15 menit kemudian alis sudah rapi dan sesuai dengan bentuk wajah.

Benefit brow bar event 3

Jared Bailey mendemokan langsung signature service di seluruh Benefit Brow Bar yang tersebar di puluhan negara: selalu dimulai dengan brow mapping, bentuk alis didesain dari bawah alis, serta menerapkan wince-free waxing technique menggunakan azulene oil dan cooling gel. Di acara tersebut, perwakilan media dan para blogger yang datang bisa mencoba langsung servis Brow Bar dan diberi quick touch up and make over dari tim Benefit Cosmetics Indonesia.

Benefit - brow mapping

Jared Bailey menekankan bahwa signature service yang ada di Benefit Brow Bar didesain agar sesuai dengan bentuk wajah setiap orang. Sudah ada patokan yang diikuti agar bisa ditemukan bentuk alis seperti apa yang paling cocok dan terlihat bagus untuk jenis wajah setiap orang. Saya pun mendapatkan kesempatan untuk berbincang langsung dengan Jared dan meminta beberapa rekomendasi produk Benefit apa yang cocok bagi pemula. Simak perbincangan kami berikut ini, ya!

Benefit brow bar event

Apa “dosa” yang dilakukan perempuan pada alisnya yang sering Jared lihat? 

Over tweezing. Ada saat-saat tertentu di mana perempuan menjadi berani.  “Saya bisa melakukan ini sendiri, saya nggak perlu pergi keluar.  Siapa yang butuh jasa profesional?” Dan mereka mulai datang ke cermin dan mulai mencabut alis mereka.  But it’s almost like that expression goes: “You can’t see the forest through the trees,” kita terlalu peduli dengan detail-detail kecil sehingga lalai untuk melihat secara keseluruhan, dan itulah yang terjadi saat Anda mencoba merapikan alis sendiri. Anda tidak bisa melihat keseluruhan alis sebagai satu paket dan melihat apa efek bentuk alis itu untuk wajah Anda. Perempuan yang berani ini mencoba untuk membuat bentuk alis identikal, dan nggak ada “obat” untuk hal itu jika sudah terjadi. Itu “dosa” nomor satu yang sering saya lihat, perempuan menjadi sangat berani.  Karena itulah penting untuk datang ke orang profesional yang bisa melihat Anda dan melihat bagaiamana bentuk alis yang mendukung bentuk wajah.  Mereka bisa melakukan brow mapping sehingga mereka tahu hasil yang akan mereka berikan pada Anda.

Saya rasa nomor dua adalah saat seseorang menjadi sedikit artistik dan mereka mulai menggambar alis – dan itu tidak salah, itu merupakan tampilan makeup juga, tapi yang saya sarankan adalah coba untuk menggambar alis senatural mungkin.  Benefit Gimme Brow bisa membantu untuk mendapatkan hasil alis yang natural setelah kita menggambar bentuk alis yang diinginkan.  Gimme Brow memiliki micro fibers, sehingga kita bisa langsung mengaplikasikannya pada bentuk alis yang sudah dibuat dan produk ini akan menambah volum dan tekstur pada alis sampai seperti menghasilkan efek 3D. Anda tidak perlu lagi takut alis terlihat palsu dan seperti jelas digambar, ada solusinya di sini.

Beberapa orang terobsesi untuk membuat alisnya terlihat identikal, apa pendapat Jared tentang hal ini?

Eyebrows are sisters, not twins.  Kedua alis yang kita punya tidak akan terlihat sama. Brow mapping Benefit bisa membuat titik-titik penentu untuk setiap bentuk alis sehingga alis bisa men-support wajah.  Sangat jarang orang yang punya bentuk wajah simetris yang sangat sempurna, jadi sudah pasti setiap alis memiliki efek yang berbeda untuk setiap mata dan setiap sisi wajah yang berbeda.  Yang perlu diperhatikan adalah mencari keseimbangan  dan proporsi yang sesuai karena kedua alis kita tidak akan pernah sama. And to be honest, you don’t really want them to, you want them to bring the balance and proportion back.

Ada perempuan yang tidak mau dan takut sekali jika alisnya diubah.  Tidak mau di-tweeze, tidak mau di-wax, tidak mau di-trim, pokoknya benar-bener tidak ingin disentuh sama sekali.  Bagaimana Anda meyakinkan perempuan seperti itu sampai mau alisnya dirapikan?

Saya bisa meyakinkan orang dengan sangat baik, jadi biasanya orang lain akan mengijinkan saya untuk merapikan alisnya.  Saya akan menunjukkan apa yang akan saya lakukan untuk perempuan tersebut.   That’s the beauty of Benefit Brow Bar, saat kami melakukan brow mapping, kami bisa menunjukkan bentuk alis yang akan dibuat.  Untuk trimming, saya memang harus meyakinkan banyak perempuan setelah alisnya selesai dibentuk akan apa manfaat melakukan trimming pada alis karena kami tidak memotong seperti persepsi memotong rambut, it’s a trim.  Jadi saat kami melakukan trimming, alis bisa terlihat lebih tebal dan justru membuat alis terlihat seperti punya helai rambut yang lebih banyak. I’m just gonna show ‘em. Just trust me, truuuust me.

10 tahun belakangan ini, kita semua melihat banyak tren alis yang berbeda, dari alis yang sangat tipis, high arched, sampai alis tebal seperti Cara Delvingne.  What do you think is next?

Kami sudah melakukan servis untuk alis sejak 1976, dan kami sudah melihat setiap tren: from the razor thin, to the high arch, to the rounded-out look. We’ve seen it all. Saya pikir dengan brow mapping yang sudah kami lakukan sejak tahun 70-an membantu perempuan untuk menemukan bentuk alis yang paling tepat untuk wajah mereka.  And funny enough, selama dua tahun belakangan ini, apa yang kita lihat di fashion runway adalah perempuan dengan bentuk alis natural.  Nah, bukan berarti tidak dirapikan.  Tetap saja alis yang bentuknya natural perlu dirapikan, they’re styled to look like that.  Nantinya saya yakin makin banyak perempuan  yang mau bentuk alisnya terlihat natural karena kita semakin banyak melihatnya di industri kecantikan, majalah, dan fashion.  Perempuan akan semakin sadar apa efek bentuk alis pada wajahnya dan tahu support yang diberikan oleh alis mereka.

Siapa satu selebriti yang bentuk alisnya paling disuka?

Saya sangat suka saat perempuan bisa menginspirasi perempuan lain, entah mereka penyanyi, aktris, model, apa pun profesinya.  Saat saya melihat perempuan dengan bentuk alis yang natural, to me, it’s inspiring.  Tapi kalau saya hanya boleh memilih satu nama, Beyonce.  No matter what, dia mungkin memerhatikan alisnya seperti saya memerhatikan alis saya. Alis Beyonce selalu terlihat bagus.

Produk Benefit apa yang direkomendasikan untuk pemula?

Setiap produk melakukan hal yang berbeda. Tapi yang paling mudah digunakan untuk mengisi alis adalah Gimme Brow.  It’s incredible.  Karena produk ini mengandung gel fiber, ada dua hal yang bisa dilakukannya: Gimme Brow bisa set helai rambut di alis supaya tidak berantakan dan bisa juga menambah volum pada alis,  literally. Jadi kalau Anda ingin alis terlihat tebal, tinggal sisir alis dengan menggunakan Gimme Brow ini.  Kalau Anda punya alis yang helainya mencuat ke mana-mana, rapikan dengan produk ini juga. Setelahnya, kita bisa menggunakan sedikit High Brow di tulang alis.  High Brow is a brow lifting pencil.  That’s what it does, it literally lifts the entire brow shape.  Dengan kedua produk ini kita jadi bisa menciptakan eye-lifting effect.

Bagi perempuan yang punya alis sangat tipis, produk apa yang paling cocok digunakan?

Kalau bentuk alisnya sangat tipis, Brow Zings adalah produk pertama yang paling tepat untuk digunakan.  Pertama-tama, Anda harus membuat bentuk alis dengan Brow Zings dengan menggunakan teknik brow mapping, cari tiga titik alis dan mulai hubungkan ketiga titik itu, dan lanjutkan dengan Gimme Brow agar mendapatkan efek 3D. So they will find their shape and make it come to life.