First Lady Iriana Shows Off Her Fashion Style

Ibu negara pasti akan selalu menjadi sorotan menarik, mulai dari aktivitasnya, pekerjaannya, sampai pakaiannya. Saya sendiri termasuk yang menyukai style Kate Middleton, walaupun dia sebetulnya bukan ibu negara, sih. Kate termasuk political figures yang fashion style-nya menjadi perbincangan masyarakat. There’s also the bold and beautiful Michelle Obama; she really step up the game and leave the usual, rigid first lady attire to show her fashionable style.

kebaya kutu baru

Di Indonesia, pilihan mode ibu negara kita, Iriana Widodo, menjadi perbincangan hangat. Kebaya kutu baru menjadi trending topic semenjak pelantikan Presiden Jokowi 20 Oktober lalu. Busana yang ia kenakan saat itu adalah Kebaya Kutu Baru berwarna oranye yang bercorak bunga-bunga, dipadukan dengan kain batik coklat dan selendang yang senada. Iriana tampil sederhana namun tetap manis dan elegan, pemilihan corak dan warnanya juga terlihat fresh dan melambangkan kemudaan. Aksesori yang dipakai minim dan simple; makeup Iriana yang terlihat natural sangat cocok dengan tatanan sanggul khas Jawa yang ia kenakan.

She is definitely making a statement with these choices, it shows that she is young, optimistic and proud of Indonesia’s culture. Iriana dapat mengubah tampilan kebaya kutu baru yang biasa dianggap kuno dan tua menjadi tampilan yang menarik dan anggun. Saat pelantikan menteri, Iriana kembali memakai kebaya kutu baru berwarna tosca dengan selendang merah cabai. I‘m so loving this color on her, it really complements her skintone and makes her look stylish. Iriana tampil anggun dalam acara ini, tatanan rambut khas Jawa dan makeup yang natural adalah pilihan yang cocok untuk tampilan classic beauty.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo (tengah) didampingi Ibu Mufidah Jusuf Kalla (kanan) berfoto bersama pasangan menteri Kabinet Kerja di tangga Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/10).

Sedikit mengenai kebaya kutu baru, baju tradisional ini berasal dari Solo, Jawa. Kebaya ini adalah salah satu kebaya klasik Indonesia, potongannya simple dan bagian tengahnya tidak tertutup; diberi jarak  agar kembennya terlihat. Setelah dipakai oleh Iriana, kebaya ini diprediksikan beberapa desainer lokal akan menjadi trend terbaru. Berbeda dengan kebaya modern yang sudah banyak dimodifikasi, kebaya kutu baru yang dikenakan Iriana tetap klasik dan tradisional. Sebelumnya, kebaya ini sudah sering digunakan oleh mendiang Ibu Tien saat mendampingi Presiden Soeharto.

Hopefully in the future, we will see more public figures wearing this classic kebaya and it becomes a fashion trend in Indonesia. Masa Korean style saja yang booming? Padahal busana tradisional Indonesia nggak kalah kerennya, and we should be very proud of it. Way to go first lady, let’s promote our heritage and culture!