Hanyul Optimizing Serum; Pre-Essence Multifungsi Untuk Melawan Dehidrasi dan Jerawat

Beberapa bulan lalu, saya sempat menulis tentang merek Hanyul, yang merupakah ‘adik kecil’ dari merek Sulwhasoo dan diproduksi oleh Amore Pacific – parent company yang memproduksi Sulwhasoo. Kalau pada saat saya menuliskan artikel tersebut semuanya masih di awang-awang saja untuk saya karena semuanya saya tuliskan berdasarkan riset, selang beberapa waktu saya sudah mencoba beberapa produknya dan merek ini benar-benar membuat saya jatuh cinta dan bahkan melebihi ekspektasi saya.

Kali ini saya akan mengulas salah satu produk unggulan mereka, yaitu Hanyul Optimizing Serum. Produk ini singkatnya sejenis dengan Sulwhasoo First Care Activating Serum – digunakan sebagai pre-essence dan diaplikasikan pada langkah pertama perawatan kulit setelah wajah dibersihkan. Sama seperti pemakaian pre-essence tanpa kapas, saya akan menggunakannya setelah toner yang dipakai dengan kapas atau kalau toner yang saya pakai digunakan tanpa kapas, saya akan menggunakan Hanyul Optimizing Serum terlebih dahulu.

hanyul optimizing serum

Kemasan Hanyul Optimizing Serum berbentuk botol pompa yang kokoh. Biasanya, saya cukup memakai satu pompa saja untuk seluruh wajah sampai ke leher. Saya akan menggunakannya tepat setelah memakai exfoliating toner dan sebelum hydrating toner saya, yaitu Hanyul Essential Rice Skin Softner. I double tone, hence the steps. Produk yang sedikit kental teksturnya dan berwarna coklat muda transparan ini mudah sekali menyerap pada kulit, lebih mudah lagi kalau kita memakainya setelah exfoliating toner. Saya akan meratakannya sampai kesat setelah itu langsung saya timpa hydrating toner. Teksturnya yang ringan membuat produk yang saya pakai selanjutnya terasa lebih mudah dibaurkan; terutama pelembap, terasa sekali bedanya.

Bagaimana dengan performa produk ini sendiri? Sebenarnya saya menyukai sekali Sulwhasoo First Care Activating Serum karena produk ini multifungsi – bisa saya gunakan sebagai pre-essence, serum rambut, campuran untuk foundation, dll. Tapi sayangnya untuk kulit saya yang kering dan cenderung dehidrasi, pre-essence ini tidak membantu hidrasi kulit saya sama sekali. It suits oily skin more. Selain itu, Sulwhasoo First Care Activating Serum juga ampuh sekali menyembuhkan jerawat yang muncul di wajah. Nah, Hanyul Optimizing Serum ini seperti mengisi kekosongan yang ditinggalkan Sulwhasoo First Care Activating Serum. Singkatnya, bisa dibilang produk ini mirip Sulwhasoo First Care Activating Serum tapi dengan tambahan menghidrasi kulit kita. Bedanya, produk ini mungkin tidak secanggih Sulwhasoo dalam membantu menghaluskan kerutan halus di wajah walaupun klaim mereka adalah anti-wrinkle. Mungkin maksudnya lebih ke pencegahan ,ya? Mungkin juga karena target pasar produk ini lebih ke usia 30-an. Tapi kalau hanya untuk hidrasi, saya masih lebih memilih Sum 37 Secret Programming Essence. Kalau menginginkan pre-essence multifungsi untuk kulit normal atau kering, produk ini bisa jadi pilihan.

Dalam masalah menyembuhkan jerawat pun produk ini bekerja dengan baik. Akhir-akhir ini memang bermunculan beberapa jerawat di wajah saya. Tapi biasanya sudah kempis sebelum sempat membesar. Saya akan memilih pre-essence ini kalau memang sudah bermunculan jerawat di kulit, sedangkan untuk menormalkan kondisi kulit dan mencegah jerawat, saya rasa History of Whoo Bichup Soon Hwan Essence lebih cocok .

Kalau dari segi kandungan, produk ini mirip dengan Sulwhasoo; mereka menitikberatkan produk mereka pada rahasia medis herbal Korea dan mengolah kandungan cnidium, Korean Angelica roots, dan mugworts. Daftar kandungan lengkapnya bisa dilihat di sini. Kandungan tersebut diolah melalui proses fumigasi, di mana cairan hasil distilasi 9 jam pertama akan dibuang dan cairan dari 9 jam berikutnya akan digunakan. Hasil dari distilasi inilah yang menghasilkan cairan yang berguna untuk kulit dan membantu benteng pertahanan kulit. Proses tersebut terinspirasi dari pengobatan medis herbal Korea di mana kandungan herbal akan direbus bersamaan dan uap yang dihasilkan digunakan untuk perawatan.

Sayangnya, produk ini hanya ada di Korea. Dibanderol 65,000 won, harganya lebih murah ketimbang pre-essence keluaran Sulwhasoo atau History of Whoo. Would I repurchase? Yes, just because it helps with my acne and not drying.