Perjalanan Eksotis Dalam Karya Itang Yunasz

Suatu kali Itang Yunasz pernah ditanya pendapatnya mengenai trend busana muslim a la desainer muda yang banyak sekali bermunculan, serta gaya hijab yang beraneka ragam. Saya tidak ingat persis kalimatnya, tetapi jawabannya kira-kira seperti ini, “Ingat bahwa busana muslim harus selalu mengedepankan kebersahajaan, modesty, dan tidak berlebihan. Dan mau dibikin model jilbab serumit apapun, orang akan kembali dan lebih memilih gaya berhijab yang simpel, dan mudah digunakan”.

Begitulah Itang Yunasz yang sejak beberapa tahun lalu memantapkan untuk hanya merancang busana yang tertutup, dan mendedikasikan kemampuan dan pengalamannya untuk kemajuan industri fashion muslim di Indonesia. Koleksi rancangannya akan selalu mengingatkan kita untuk mengeksplor kekayaan budaya Indonesia, yang percayalah, tidak akan habis dan ‘basi.’ Busana-busana rancangannya juga akan selalu menjadi pengingat bagi desainer lain, terutama desainer muslim, untuk lebih berkonsentrasi pada peningkatan kualitas dan kapasitas produk, di samping faktor kekinian atau olah gaya.

Itang Yunasz bahkan kini semakin produktif, dengan label ready-to-wear-nya yang diarahkan untuk konsumen muda, melalui Moshaict by Itang Yunasz. Untuk Jakarta Fashion Week 2015 ini, tidak tanggung-tanggung, ia menyiapkan 60 set busana dalam koleksinya ‘Exotic Journey.‘ Dalam koleksi ini, ia memakai motif ikat dan tenun sumba yang dicetak di atas material kain sifon dan crepe yang ringan.

1-Collages2-itang1

Richness in pattern merupakan karakter Itang dalam merancang busana, terutama untuk label ‘Itang Yunasz’ yang ditujukan untuk wanita dewasa, yang elegan dan memiliki sense of fashion yang matang. Potongan klasik seperti tunik dan celana palazzo, serta long dress longgar selalu menjadi pilihan,┬ámencerminkan kedewasaan dan kebersahajaan seorang wanita muslimah.

Saya kagum dengan kematangan sang desainer dalam mencipta dan memadupadankan corak tradisional. Pada koleksi ini, beragam corak kaya tersebut bisa tampil segar dan ringan, seringan para model melangkah dalam dengan balutan koleksi ini. And those tassel accessories, perfect! Selamat, Mas Itang!

1-itang2