banner-detik

industry news

Bukan Perempuan Biasa: 8 Menteri Perempuan di Kabinet Kerja

seo-img-article

Menteri BUMN, Rini M Soemarno Soewandi

Perempuan kelahiran Amerika tahun 1958 ini adalah salah satu menteri yang dipilih dari kalangan profesional. Rini pernah menjabat di berbagai perusahaan besar international , salah satunya  sebagai direktur utama perusahaan otomotif, Astra Internasional. Ibu tiga anak ini sering tampil dengan mengikat setengah rambutnya, Rini suka memadukan sentuhan batik pada penampilannya.

Rini-Soemarno

Facts about Rini M Soemarno:

  • Rini pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan Kabinet Gotong Royong tahun 2001-2004.
  • Pernah meraih penghargaan sebagai Pemimpin Puncak Terpuji pada tahun1995 dari Majalah Swa Sembada.
  • Sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan masa di tahun 2001 hingga 2004.

Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek

Nila F Moeloek adalah seorang dokter spesialis mata dan juga guru besar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Perempuan kelahiran April 1949 ini memilki tiga orang anak bersama suaminya yang juga mantan Menteri Kesehatan. Walaupun sempat mengikut seleksi menteri untuk kabinet SBY, Nila gagal terpilih,  namun kini diangkat oleh Jokowi untuk kabinet baru. Ketua Yayasan Kanker Indonesia ini sudah memiliki jam terbang yang tinggi dalam dunia kesehatan.

nila

Facts about Nila F Moeloek:

  • Saat pemerintahan SBY, Nila ditunjuk sebagai kepala Millennium Development Goals, dengan tugas khusus menurunkan kasus HIV-AIDS dan angka kematian ibu dan anak.
  • Nila mengambil studi spesialis matanya di University of Amsterdam dan Kobe University, Belanda.
  • Sebelum nama menteri diumumkan, nama Nila sempat menjadi topik pembicaraan hangat di media sosial. Namanya muncul sebanyak 7000 kali di pembicaraan media massa.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment