Peduli Kesehatan Kulit Sejak Dini

Menginjak usia 20 membuat saya mulai memperhatikan kesehatan kulit. Kini, sudah nggak bisa cuek pada kulit seperti saat masih SMP dan SMA dulu: mencuci muka seadanya saja dan tidak memakai produk skincare apapun. Walaupun masih tergolong muda, saya rasa setiap perempuan, khususnya yang seusia dengan sayapun harus mulai memerhatikan perawatan kulit. Tidak merawat kulit wajah malah akan membuatnya cepat berkerut dan timbul masalah-masalah lain yang tidak diharapkan. Maka dari itu, usia 20 adalah saat terbaik untuk melawan tanda awal penuaan.

1. Cleanser

Cleanser atau pembersih muka adalah skincare wajib bagi semua usia. Cleanser berfungsi untuk membersihkan kotoran ataupun sisa makeup di wajah. Wajah yang kotor akan rentan berjerawat. Karenanya, gunakanlah cleanser setiap pagi dan malam hari setelah beraktivitas untuk menjaga wajah tetap bersih dan segar.

4

L’Oreal Paris Revitalift Multi Cleansing Foam

2. Moisturizer

Moisturizer atau pelembap juga penting digunakan setelah membersihkan wajah. Pelembap berguna untuk menjaga kelembapan wajah. Anda yang memiliki wajah berminyak mungkin takut menggunakan pelembap karena berpikir akan membuat wajah semakin berminyak. Tetapi,  bukan berarti Anda tidak harus memakai pelembap. Kalau kulit sengaja dibuat kering, justru minyak yang diproduksi akan lebih banyak dari biasanya. Gunakan pelembap yang sesuai untuk kulit berminyak agar wajah akan tetap lembap tanpa membuat berminyak.

L'Oreal Paris Revitalift Day Cream

L’Oreal Paris Revitalift Day Cream

3. Sunscreen

Sunscreen penting digunakan untuk kita yang beraktivitas di luar ruangan. Paparan sinar matahari sangat buruk untuk kulit karena akan menimbulkan flek hitam di wajah. Sinar matahari juga akan memperparah kulit yang berjerawat. Gunakan selalu sunscreen yang mengandung SPF dan PA ++ setiap keluar rumah agar kulit wajah selalu terlindungi.

P070101050_l

L’Oreal Paris UV Perfect Instant White SPF 50 PA +++

4. Masker

Perlindungan tambahan untuk kulit adalah dengan memakai masker setiap seminggu sekali. Masker berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kekenyalan kulit. Pilihan masker pun bermacam-macam. Ada yang berbentuk krim yang dioles ke wajah, ada juga yang berbentuk seperti tissue jadi hanya ditempelkan ke wajah.

5. Face Scrub

Kulit wajah yang terlihat kusam dan tidak bercahaya bisa terjadi akibat adanya sel kulit mati yang menempel di wajah. Face scrub berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit memproduksi kulit baru yang lebih sehat. Lakukan scrub dengan memijat wajah dengan gerakan memutar, dan lakukan scrub seminggu atau dua minggu sekali sesuai kebutuhan. Dengan begitu, kita bisa memiliki kulit cerah dan sehat.

L’Oreal Paris White Perfect Anti-Dullness Facial Scrub

L’Oreal Paris White Perfect Anti-Dullness Facial Scrub

6. Minum Air Putih

Perawatan kulit dari dalam yang paling utama adalah dengan minum banyak air putih. Dengan meminum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari akan membuat kulit menjadi sehat alami.

Sebelum mulai berinvestasi dengan berbagai produk skincare, langkah utamanya adalah mengenali kulit kita terlebih dahulu. Setelah itu, baru pilh produk yang sesuai dengan kulit. Semakin awal kita memulai perawatan kulit, maka akan semakin terjaga juga kesehatan kulit kita. Dengan peduli dengan kesehatan kulit sejak dini, secara tidak langsung kita bisa jadi inspirasi perempuan di sekitar untuk mulai peduli dengan kulitnya. Menginspirasi orang lain bisa dimulai dengan hal yang terlihat sederhana. :)