We’ve Unlocked Didi Budiardjo’s Curiosity Cabinet

….

Don’t let us become cold
Always more distant
And it doesn’t matter where
Give us a sign of life
Much later in the corner of the wood
In the forest of memory
Appear suddenly
Give us your hand
And save us.

Penggalan bait di atas adalah kutipan dari puisi “Cet Amour” karya Jacques Prévert yang menjadi ruh yang kuat bagi Didi Budiardjo dalam membuat presentasi koleksinya kali ini. Tema yang dipersembahkan pada fashion show tunggal – yang sekaligus menjadi penanda 25 tahunnya berkarya di bidang fashion design – berjudul Curiosity Cabinet.

Dan benar saja, Didi Budiardjo tidak begitu saja mengambil istilah tersebut sebagai tema, tetapi benar-benar bermain dengan rasa penasaran semua yang datang. Curiosity Cabinet, sesuai maknanya adalah sebuah kabinet atau lemari tempat menyimpan segala hal yang menjadi kenangan atau memiliki kenangan bagi pemiliknya. Didi seolah membagikan kunci dan mempersilakan kita semua untuk membuka ‘lemari’ imajinasi dan kenangannya. Pada hakikatnya isi kepala seseorang adalah sebuah ruang penyimpanan super besar yang berisi semua hal yang berarti (maupun tidak) selama hidup kita. Ketika masuk ke dalamnya, seseorang mungkin saja terpesona, terheran-heran hingga tersesat didalamnya.

d5

Detil yang unik dan mengundang decak kagum, mulai dari foyer, moodboard, hingga aksesori (foto dari Instagram Didi Budiardjo)

Segala detil dan aspek dalam show ini adalah sesuatu yang menarik dan sangat layak diapresiasi tinggi. Didi khusus menggandeng seorang skenografer, yaitu seseorang yang menerjemahkan ide dan tema tertentu menjadi sebuah eksperimen bagi pengunjung melalui media visual dan semua detil yang bisa dilihat, didengar dan dirasa.

Saya sendiri merasakan keseluruhan tema ini sangat kaya dan mengayakan. Bukan hanya sebuah fashion show untuk dilihat dan diapresiasi koleksinya, melainkan jauh lebih besar dari itu. Tema yang indah dan memiliki makna mendalam. Seperti sebuah karya seni yang membuat penikmatnya tersesat dalam imajinasi dan pemikirannya. Didi membuat moodboard yang sangat kompleks dengan 3 garis besar didalamnya, yaitu Dragon Empires, Mermaid Treasures, dan Bucoli Garden.

Mari melangkah melihat koleksinya….