Tried & Tested: the C20 “Red Bottle”

Sudah pernah mendengar produk yang bernama O.S.T Original Pure Vitamin C20 Serum? Produk ini dikenal sebagai “Red Bottle” di Korea dan masuk dalam jajaran serum terlaris di sana pada tahun 2012 – 2013. Nah, sekarang serum ini berganti nama menjadi C20 Original Pure Vitamin C20 Serumredundant, I know. Untuk mudahnya, kita sebut saja produk ini sebagai C20 serum.

Red Bottle - femaledaily

What Is It?

Produk ini terkenal karena kandungan vitamin C dengan konsentrasi tinggi. We all know what this ingredient is good for. Produk dengan kandungan vitamin C akan membantu membuat kulit menjadi lebih cerah, menyamarkan bintik hitam di wajah, dan juga melakukan eksfoliasi harian. Klaim produk ini sendiri adalah membantu revitalisasi kulit, mengangkat sel kulit mati, memutihkan, mengencangkan pori-pori, membantu penyembuhan jaringan luka, menghilangkan bekas jerawat dan bintik hitam di wajah serta membersihkan komedo. Sounds right what everyone need.

Kemasan dan Tekstur

Dari segi pengemasan, produk ini dikemas dalam botol kaca berwarna coklat dengan pipet, tapi pada saat kita buka boksnya, botol serum masih ditutup dengan tutup botol biasa. Pada saat ingin memakainya, kita bisa menukar tutup ini dengan tutup berpipet sehingga produk tetap higenis. Mengingat vitamin C adalah kandungan yang mudah rusak, saya senang sekali melihat bahwa botol kaca tersebut berwarna coklat ketimbang bening sehingga tidak langsung terpapar sinar matahari atau cahaya yang bisa merusak kandungan vitamin C. Although I would like it so much better if it’s packed in a solid-colored bottle.

OST C20 Serum - femaledaily

Warna dari produk ini sendiri adalah sedikit kekuningan seperti layaknya vitamin C. Apabila produk berubah warna berarti produk ini sudah rusak dan jangan digunakan lagi. Produk dengan kandungan vitamin C yang rusak will do you more harm than good. Disarankan untuk menyimpan produk ini di tempat yang dingin, tidak lembap, dan tidak terpapar sinar matahari langsung untuk menjaga kualitas produk.

C20 tekstur - femaledaily

Kandungan 

Dari sisi kandungan, kandungan utamanya adalah Ascorbic Acid, yaitu vitamin C sebesar 20% dari keseluruhan kandungan. Biasanya serum dengan kandungan vitamin C memilik kandungan sebesar 10% – 15%, jadi angka ini bisa dibilang besar! Selain itu, produk ini juga mengandung niacinamidecell-communicating ingredient, yang secara sekilas sebenarnya fungsinya mirip dengan vitamin C. Walaupun pada prakteknya, vitamin C memiliki kemampuan lebih bagus dalam menyamarkan bintik hitam di wajah, sementara niacinamide menurut pengalaman saya lebih bagus secara menyeluruh sebagai kandungan anti-aging. Biasanya saya akan memilih produk yang mengandung vitamin C ATAU niacinamide. Never the two shall intertwine, selain redundan, juga ada yang menyebutkan produk ini tidak efektif jika dikombinasikan. But I guess there must be some science behind the choosing of these ingredients.

Produk ini juga diperkaya dengan kandungan yang kaya dengan antioksidan seperti Camellia Sinensis Leaf Extract (green tea) dan Ubiquinone (Coq10). Selain itu, tertulis juga bahwa produk ini mengandung Ethanol atau kandungan alkohol. Dari penelitian saya, kandungan alkohol yang tertera dalam produk ini cukup besar. Artinya, kandungan ini bisa menjadi pemicu timbulnya efek negatif untuk mereka yang memiliki kulit sensitif. Tapi di sisi lain, kandungan ethanol dalam produk ini akan membantu penyerapan produk menjadi lebih baik. 

Untuk daftar lengkap kandungannya bisa dibaca di bawah ini:

Water, Ascorbic Acid, Ethanol, Sodium Lactate, Butylene Glycol, Glucose, Camellia Sinensis Leaf Extract, Rosa Davurica Bud Extract, Carthamus Tinctorius (Safflower) Extract, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Sodium Hyaluronate, BIS-PEG-18 Methyl Esther Dimethyl Silane, Diethoxyethyl Succinate, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Xanthan, PEG-180, Gluconolactone, Beta-Glucan, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Oil, Zinc PCA, Panthenol, Niacinamide, Glycerin, Tocopherylacetate, Lecithin, Caprylic/Capric Triglyceride, Ubiquinone, Diisopropyladipate, Phenoxyethanol, Methylparaben

Aturan Pemakaian

Rule of thumb, produk dengan kandungan vitamin C tinggi biasanya disarankan untuk dipakai pada malam hari. Namun, saya sendiri memakainya pagi dan malam hari. Pada pemakaian di siang hari, saya selalu memakai tabir surya lebih tebal dari biasanya karena vitamin C terurai oleh paparan sinar matahari dan tidak akan efektif jika tidak menggunakan tabir surya. Akan tetapi, dengan atau tanpa serum ini saya sudah terbiasa memakai tabir surya setiap hari, jadi tidak ada masalah.

Pemakaiannya sendiri biasanya saya gunakan setelah cleansing, toner, first essence, baru kemudian saya ikuti dengan produk ini. Walaupun instruksinya adalah menggunakan sebanyak 2-3 tetes produk saja, tapi setelah 3 hari pemakaian, saya tidak merasakan tingling effect dan bahkan merasa produk ini tidak ada pengaruhnya sama sekali. Dengan 2-3 tetes produk pun tidak cukup saya gunakan untuk leher. Mengingat produk ini memiliki efek mencerahkan kulit, saya tidak mau, dong, warna wajah dan leher saya belang, jadi saya memakainya sampai ke area leher. Saya memakai produk dari satu pipet penuh (yang bisa tertarik pada saat saya memencet pipet pada saat keadaan tertutup) dan meratakannya ke seluruh wajah dan leher. Setelah pemakaian, saya akan membiarkan serum mengering sekitar 1 sampai 2 menit, baru kemudian saya akan melanjutkan memakai serum tambahan, pelembap dan, tabir surya. Oh ya, perlu diingat juga bahwa saat akan memakai produk ini, baiknya wajah dalam keadaan sudah kesat setelah pemakaian serum/first essence sehingga serum tidak bercampur dengan sisa dari pengaplikasian produk lain.

Baca halaman selanjutnya untuk tahu first impression dan final verdict dari saya :)