Female Daily Ladies & Women Empowerment

Dengan adanya campaign Women of Worth yang diadakan L’Oreal Paris Indonesia untuk memberikan penghargaan bagi perempuan-perempuan yang menginspirasi, saya tertarik untuk bertanya langsung dengan perempuan-perempuan inspiratif yang ada di kantor Female Daily.  Nggak usah jauh-jauh, ya, saya tinggal colek Hanzky, Affi, dan Nopai yang akrab kami panggil Queen Bees (QB). Yes, they are our Queen Bees indeed. :D

Saya cukup sering mengekor ketiga perempuan ini saat mereka menjadi pembicara atau sekadar hadir di beberapa acara, dan saya sudah bisa memastikan, selesai acara, pasti ada yang ingin mengobrol, atau bertanya secara lebih personal, sampai mengajak mereka foto bareng saking kagumnya dengan prestasi dan sepak terjang ketiganya di dunia entrepreneur maupun kehidupan pribadinya. Nggak heran memang kalau ketiganya jadi role model bagi banyak perempuan di Indonesia. Jadi penasaran, ‘kan, bagi mereka, siapa, sih, sosok perempuan yang paling menginspirasi? Apa harapan mereka untuk perempuan Indonesia? Yuk, simak perbincangan kami berikut ini!

QB 2 - femaledaily

Siapa sosok perempuan yang selalu bisa menginspirasi untuk terus maju dan berkembang?

Hanzky: Banyak! Soalnya saya cukup gampang terinspirasi dari orang-orang yang saya temui sehari-hari. Yang sudah saya pelajari, sih, nobody’s perfect. Jadi sosok yang menginspirasi ini bukan berarti dia sempurna dan punya segalanya, tapi memang ada satu hal dari mereka yang sangat saya kagumi dan membuat saya berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Contohnya untuk segala hal tentang parenting, saya sangat look up to Najelaa Shihab, psikolog dan pemilik sekolah Cikal. Saya juga sangat mengagumi Ligwina Hananto dari QM Financial untuk misi besarnya dalam menghapus financial iliteracy. Dalam hal membangun bisnis, saya banyak belajar dari Nina Moran, pendiri Go Girl. Kalau ditarik benang merahnya, mereka semua ini adalah entrepreneurs yang sukses berbisnis dan juga mempunyai keluarga harmonis. Sosok seperti Ibu Martha Tilaar dan juga Ibu Pia Alisjahbana pastinya membuat saya nggak berhenti berusaha supaya bisa mempunyai sesuatu yang dapat hidup dari generasi ke generasi. Oh ya, untuk di dunia digital pastinya saya sangat mengidolakan Sheryl Sandberg dan Marissa Mayer.

Affi: I’m inspired by a lot of people – most of them are everyday women with their own personal struggles and achievements. Saya selalu kagum sama perempuan yang bisa melalui berbagai tantangan dan kesulitan dalam perjalanannya menuju kesuksesan, apalagi yang melakukannya dengan sikap positif dan nggak banyak mengeluh. Saya juga kagum sama para perempuan yang berani mendobrak status quo, punya prinsip kuat dan berani berjuang untuk prinsipnya itu lewat tindakan nyata. Salah satu contoh perempuan fearless yang saya maksud adalah member Female Daily, Dhyta Caturani, juga dikenal sebagai purplerebel di forum FD, yang kebetulan sudah saya nominasikan sebagai kandidat L’Oreal Paris Women of Worth :)  Kalau untuk bisnis, dari dulu saya ngefans banget sama Ibu Martha Tilaar dan (almh.) Anita Roddick. I think these 2 women have truly empowered women in the truest sense of the word with their businesses and that is what we at Female Daily want to achieve.

Nopai: Tidak ada yang sosok perempuan spesifik sebenarnya bagi saya. Maksudnya, saya tidak pernah mengagumi satu atau dua orang dari segala aspek kehidupannya. Tapi saya banyak terinspirasi dengan banyak orang di sekitar saya, dan beberapa public figure dan blogger. Contohnya, saya terinspirasi Mama saya dalam hal berdoa, Mama saya selalu berdoa dan membaca Alkitab dengan rajin, dan saya lihat hidupnya lebih tenang. Saya juga terinspirasi Caroline Hirons dalam hal perawatan wajah dan segala pengetahuannya tentang skincare. Lalu ada Anh 9to5Chic.com dan Marissa Webb yang menginspirasi saya untuk gaya berpakaian. Dan akhir-akhir ini saya terinspirasi dengan Vita Blekros yang mampu mengubah gaya hidupnya dengan makan sehat dan berolahraga walaupun sibuk luar biasa, bahkan bisa menjadikan itu sebagai bisnis baru. Jadi, sebenarnya tanpa sadar banyak sekali wanita yang menginspirasi saya.

Apa yang sudah dan sedang dilakukan untuk bisa menginspirasi perempuan lain, khususnya pembaca Female Daily? (Jawaban mereka kompak dan saling melengkapi, nih)
Bekerja sama dengan L’Oreal Paris untuk Women of Worth ini adalah salah satu contoh nyata bahwa kami sangat ingin terlibat lebih jauh lagi dalam women empowerment. Hal lainnya tentunya dengan memberikan artikel-artikel how-to yang dapat bermanfaat untuk sehari-harinya karena skincare dan makeup terbukti dapat membuat perempuan lebih cantik, lebih percaya diri yang akhirnya akan membuat dia lebih berani untuk take on a new challenge in their life. Event-event yang kami selenggarkan pun banyak mengangkat tema yang berbeda, mulai dari #FitNFab, financial talkshow, sampai Blogger Workshop yang akan diselenggarakan minggu depan.

Di Mommies Daily, kami tidak menerima iklan susu formula karena kami percaya bahwa ASI adalah yang terbaik dan kita bisa mengusahakannya. Dengan memberikan ASI, keluarganya juga bisa menabung. Uang yang harusnya untuk beli susu formula bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih penting, misalnya tabungan dana pendidikan anaknya. Jadi manfaatnya panjang.