Wednesday Wishlist: Albion Essential Skin Conditioner

Sudah cukup lama saya ingin mencoba merek Albion dari Jepang, tapi seperti biasa, merek ini sangat susah ditemui di luar Jepang. Perusahaan Albion sendiri sudah lama berdiri, merek dengan nama yang sama diluncurkan pada tahun 1956 dan sejak saat itu ketenarannya makin menanjak di Jepang. Mungkin nama Albion awalnya tidak banyak terdengar di luar Jepang, tapi perusahaan induknya adalah pembuat makeup seperti Paul & Joe, Laduree, Anna Sui, dan Sonia Rykiel.

Sejak tahun 2012, merek Albion akhirnya hadir di Singapura sehingga namanya pun jadi terdengar sampai ke telinga FD-ers. Coba cek saja thread Albion yang sekarang sudah makin panjang pembahasannya. Sayangnya, memang merek ini belum ada di Indonesia, tetapi keberadaannya di Singapura memudahkan kita untuk mendapatkan produknya.

Ada beberapa hal yang membuat saya sedikit maju mundur ingin mencoba produk ini. Pertama adalah karena regimen perawatan wajah Albion yang terdiri dari 4 langkah: diawali dengan pembersihan (double cleansing) dan dilanjutkan dengan pemakaian milk lotion, baru kemudian dilanjutkan dengan toner dan essence/pelembap. Yeap, you read it correctly! I ain’t mistaking the steps. Langkah unik yang pertama kali diperkenalkan tahun 1956 ini memang one of a kind karena tidak ada produk perawatan wajah lainnya yang menganjurkan rutinitas pemakaian milk lotion sebelum toner. Kalau dari beberapa penjelasan berbagai macam merek, common sense-nya adalah memakai yang paling cair terlebih dahulu baru kemudian dilanjutkan dengan yang makin pekat teksturnya karena ini menyangkut masalah penyerapan. Jadi, kalau yang dipakai duluan sudah yang lebih pekat teksturnya, produk yang lebih cair tidak bisa mempenetrasi sampai ke lapisan dalam kulit. This routine truly defeat my basic skincare understanding.

Yang kedua, produk milk lotion sendiri mengandung mineral oil yang walaupun masih kontroversial dan ada plus minusnya dalam pemakaiannya, tapi untuk saya, sih, mudah saja; saya tidak begitu ambil pusing kalau kandungan ini terdapat pada produk pembersih wajah atau yang saya gunakan pada langkah terakhir. Memang produk ini sepertinya tidak memiliki efek negatif pada kulit, hanya saja yang paling krusial, mineral oil bisa mengendap pada kulit sehingga produk yang digunakan selanjutnya akan terhadang oleh mineral oil

With that said, it’s not going to stop me from trying Albion skincare, but for now I will avoid milk lotion.

10298573_787704124595441_3550113425599997728_o_zps4ad8ee10

Produk yang ingin saya coba adalah Albion Essential Skin Conditioner, yang pertama kali diluncurkan 1974 dan pada tahun ini merayakan ulang tahunnya yang ke-40. Produk ini bisa dibilang semacam first essence dalam bentuk toner yang membantu mengkondisikan kelembapan kulit dan juga produk wajib untuk kulit lebih cerah. Membantu metabolisme kulit, menenangkan kulit yang memerah, mencegah kulit kasar dan juga jerawat. Cocok sekali untuk mereka yang memiliki kulit bermasalah.

Mengandung Horse Chestnut Seed Extract, Coix Lacryma-Jobi Ma-Yuen Seed Extract, Witch Hazel Extract, Chondrus Crispus, Menthol serta air dan alkohol.

Dari berbagai ulasan yang saya baca, produk ini benar-benar memberikan hasil yang lumayan spektakuler sehingga saya sendiri jadi teracuni untuk mencobanya! Ok, this is definitely going to my wishlist!