Recent Love: The Body Shop Camomile Silky Cleansing Oil

Kalau sebelumnya saya sudah menuliskan ulasan saya mengenai cleansing butter terbaru dari The Body Shop, kali ini saya ingin menuliskan pengalaman saya menggunakan cleansing oil-nya.

Seperti kebanyakan produk cleansing oil, produk ini pun dikemas dalam botol dengan pompa sehingga memudahkan kita untuk menuangkan produknya. Ketimbang dengan cleansing butter, dari segi higienitas, cleansing oil ini sudah menang satu poin. Apalagi kemasannya sendiri ringkas, saya tidak usah buka tutup jar seperti halnya cleansing butter.

IMG_20140816_144454

Dari segi kandungan, sama seperti cleansing buttercleansing oil ini diformulasikan tanpa mineral oil. Kandungan minyaknya menggabungkan soybean oil, sweet almond oil, sunflower seed oil, dan essential oil dari Anthemis Nobilis Flower Oil. Terdapat beberapa kandungan wewangian yang menghasilkan wangi mirip kamomil yang sama dengan wangi dari cleansing butter. Saya, sih, tidak begitu ambil pusing dengan kandungan wewangian. Walaupun ada beberapa yang bilang kandungan wewangian adalah merupakan iritan, tapi bagi saya pribadi produk yang memiliki wangi enak dan menenangkan seperti ini adalah tambahan yang sangat-sangat saya sambut gembira.

Tekstur produk ini sedikit berat dan tidak watery seperti beberapa cleansing oil keluaran Jepang dan Korea, tapi juga tidak terlalu pekat. Pada saat saya ratakan di wajah dan memijatnya, maskara waterproof saya pun terlihat lumer. Nah, pertama kali memakainya saya mencoba mengemulsifikasinya dengan tangan basah. Hasilnya cleansing oil malah menjadi lebih ‘berat’ di wajah dan tidak terlalu milky. Tapi pada saat dibasuh, tidak masalah, semuanya langsung luruh dengan air. Pada kali kedua saya mencobanya saya langsung membasuhnya dengan air setelah meratakannya ke seluruh wajah dan hasilnya sama bersihnya. Jadi, saya menyarankan jika menggunakan produk ini untuk tidak mengemulsifikasinya terlebih dahulu, it’s becoming a tad greasy otherwise.

Does it worth to purchase? Iya, mengingat harganya Rp. 139,000,- untuk 200 ml. Harga yang sangat-sangat terjangkau dan masuk akal. Lagipula produk ini walaupun terasa lebih berat ketimbang cleansing oil high-end, tapi kemampuannya membersihkan makeup tidak perlu diragukan.