Kiat Memakai Makeup Dalam Waktu Kurang Dari 10 Menit

Belakangan ini, saya mengurangi waktu yang saya luangkan untuk memakai makeup di pagi hari. Kenapa? Karena sekarang lebih memilih mengalokasikan waktu untuk… tidur.  Cukup tidur itu penting sekali, ‘kan? :D

Saya sudah mencoba beberapa kombinasi makeup yang bisa membuat wajah bisa tampak “rapi” dengan waktu yang singkat. Hal terpenting bagi saya adalah meratakan warna wajah; area kantung mata jelas warnanya berbeda, area di sekitar hidung berbeda juga karena lebih merah, bekas jerawat juga cukup banyak. Karena itu, bisa dipastikan saya memakai face makeup supaya warna di wajah menjadi senada.

Nah, akhir-akhir ini, saya hanya memakai 5 – 6 produk makeup untuk sehari-hari. Kalau sudah biasa, prosesnya hanya memakan waktu sekitar 5 menit!

makeup singkat - femaledaily

  1. Gunakan sponge untuk meratakan BB Cream/foundation. Makeup sponge akan menghemat waktu karena bisa meratakan produk lebih cepat dan mudah. Bisa juga, sih, menggunakan jari tangan, namun jari tangan bisa meninggalkan garis-garis hasil dari gerakan jari, dan butuh ketelitian serta waktu ekstra untuk menepuk-nepuk wajah agar BB Cream/foundation terlihat rata. Sponge bawaan dari Laneige BB Cushion atau sponge Etude House Precious Mineral Any Cushion juga menjadi pilihan saya. Surprisingly, it works well to even out face makeup products! (Waktu yang dibutuhkan: 1,5 menit)
  2. Pakai concealer yang bisa memberikan efek cerah untuk area mata agar terlihat lebih segar seperti Maybelline Dream Lumi Touch Highlighting Concealer. Concealer ini bisa juga dipakai untuk tulang pipi dan hidung. (Waktu yang dibutuhkan: 40 detik)
  3. Set BB Cream/foundation dan concealer dengan bedak. Bahkan kalau memang ingin super cepat saya baru pakai bedak di kantor atau kalau benar-benar terjebak macet di jalan (saya hanya berani mengeluarkan alat makeup kalau macet total). Saya lebih suka bedak yang memberikan hasil natural supaya dan memakai face brush atau kabuki brush untuk mengaplikasikannya. Selain lebih cepat, brush juga memberikan hasil akhir yang lebih natural. (Waktu yang dibutuhkan: 30 detik)
  4. Curl your eyelashes. Bulu mata saya cukup tebal, jadi kalau sedang malas memakai makeup, saya hanya menjepit bulu mata tanpa menggunakan mascara.  Yang penting, bulu mata lebih lentik dan terlihat “hidup.”(Waktu yang dibutuhkan: 20 detik)
  5. Pakai lip product dengan warna yang cerah. Saya suka bold-colored lipsticks, tapi warna-warna yang gelap atau yang terlalu terang membutuhkan presisi dan kurang bersahabat jika saya hanya punya sedikit waktu.  Warna yang menurut saya cocok adalah pink, coral, atau medium pink, yang bisa dipakai dengan cepat dan mudah seperti L’Oreal Paris Color RicheRevlon Colorburst Lip Butter, atau Maybelline Color Sensational Lipcolor seperti yang ada di foto. Ketiganya memiliki pilhan warna yang banyak, formula yang nyaman untuk bibir, dan harganya pun terjangkau.  (Waktu yang dibutuhkan: 25 detik)

Total waktu yang saya habiskan untuk lima langkah di atas adalah sekitar 3 menit 25 detik. Saya mencoba mengukur waktu dengan stopwatch untuk tiap langkah dan membulatkan waktunya ke atas. Jika ditambah dengan bolak-balik menaruh dan mengambil produk, anggap saja ada tambahan 10 detik sehingga menjadi 4 menit 15 detik. Makeup kilat ini cukup memuaskan untuk dipakai keluar rumah dan menyulap wajah agar tidak terlihat mengantuk, lho.

Bagi saya, eye makeup yang memakan waktu paling lama karena kalau pakai eyeliner saya agak terobsesi untuk menyamakan bentuk wing di kelopak mata kiri dan kanan. Kalau pada hari itu tidak ada acara di luar kantor yang perlu saya hadiri, saya biasanya hanya memakai eyeliner (tambah 2,5 menit) atau malah tidak pakai produk makeup untuk mata sama sekali. Bagi yang suka memakai eye makeup, eyeshadow cream seperti Maybelline Color Tattoo, eyeshadow pencil seperti Make Up For Ever Aqua Shadow, atau eyeshadow yang serupa bisa jadi penyelamat dan menghemat waktu karena kita tinggal membaurkannya dengan jari. Memakai satu warna saja cukup untuk memberikan efek smokey atau efek cerah di kelopak mata dalam waktu yang sangat singkat!

Memang relatif, ya, seberapa cepat kita memakai makeup. Kalau orang bilang, tergantung jam terbang. Bagi yang baru belajar memakai makeup mungkin butuh waktu lebih lama.  Tapi kalau sudah terbiasa, 10 menit sudah cukup untuk menyulap wajah agar terlihat lebih segar :)