Beautypedia: Minyak Biji Kamelia, Rahasia Para Geisha

Natural oil atau beauty oil memang sedang tren beberapa tahun terakhir ini. Setiap tahun sepertinya muncul beauty oil yang menjadi bintang baru di pasaran. Setelah argan oil dan rosehip oil, what’s next? Jawabannya adalah camellia oil atau lebih dikenal sebagai Tsubaki Oil di Jepang, di mana minyak ini banyak digunakan.

Minyak dari bunga kamelia ini sebenarnya sudah sering digunakan di Jepang sebagai perasa atau minyak untuk memasak. Minyak ini merupakan hasil cold pressing biji bunga Camellia Japonica yang banyak ditemui di wilayah Asia Timur seperti Jepang dan Cina. Sedangkan bunga kamelia sendiri tidak asing di Indonesia karena memang tumbuh di wilayah dataran kita.

Camellia_japonica

Tsubaki Oil ini juga dikenal sebagai rahasia dari rambut tebal dan berkilau para Geisha di Jepang. Biasanya Tsubaki Oil digunakan sebagai leave-in conditioner yang dipakai setelah keramas dan pada rambut basah. Untuk mendapatkan rambut yang berkilau, para Geisha melumuri rambut mereka dengan Tsubaki Oil cukup banyak sehingga rambut mereka juga terlihat silky dan tidak kusut, serta mudah diatur. Minyak ini memberikan banyak keuntungan bagi rambut, di antaranya membuat rambut menjadi lembut, mudah diatur, lebih berkilau, menjaga kelembapan, memperbaiki rambut rusak dan bercabang, merawat kulit kepala yang kering dan gatal, serta mencegah ketombe. Banyak sekali, bukan, keuntungan dari minyak tersebut?

Rahasia rambut para Geisha ini sendiri ternyata sudah menjadi satu lini produk sendiri di Shiseido. Merek ini mengeluarkan Shiseido Tsubaki yang terdiri dari berbagai jenis produk untuk perawatan rambut.

tsubaki1

167pSelain itu, ternyata Tsubaki Oil juga bagus untuk kulit karena kaya akan oleic dan linoleic acids, antioksidan, vitamin A, B dan E, monounsaturated fats, dan plant collagen. Vicky Tsai, pendiri Tatcha – merek yang menggunakan Tsubaki Oil sebagai salah satu kandungan inti pada produk kecantikan mereka – pernah dikutip tentang keuntungan Tsubaki Oil yang sangat cocok untuk kulit, “It’s full of essential fatty acids and lipids that are similar to those that you find in your skin, so it doesn’t leave a greasy feeling.

Teksturnya sendiri tidak begitu pekat dan cepat menyerap sehingga langsung menyatu dengan kulit dan tidak meninggalkan rasa greasy di kulit. Selain itu, konon camellia oil ini memiliki sunscreen properties yang memang sedikit akan tetapi cukup memberi nilai tambah; tidak lebih dari SPF 3 – 5. Karena finish-nya yang dry, maka Tsubaki Oil ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Klaim dari Tsubaki Oil sendiri cukup menjanjikan, yaitu bisa membuat kulit kencang, melembapkan, meningkatkan sintetesa kolagen, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat free radicals.

Jadi penasarankan ingin mencoba Tsubaki Oil ini? Beberapa produk kecantikan sudah memiliki produk face oil dengan menggunakan kandungan ini, saya sendiri dalam tahap berburu produk yang mengandung kandungan tersebut. So, watch for my review next!