Ramadhan to Lebaran 2014, Collections from Up2date & Kami Idea

Ramadhan adalah bulan yang istimewa, bulan yang suci sekaligus syahdu dirasakan oleh umat muslim yang menikmati keistimewaan beribadah di bulan ini. Maka dari itu, bulan ini selalu menjadi inspirasi, apalagi untuk busana muslim yang selalu mendapatkan sorotan utama pada bulan ini, dibanding waktu-waktu lainnya.

Walaupun bukan sesuatu yang ‘harus’ dilakukan, mengeluarkan koleksi Ramadhan dan – apalagi – Lebaran menjadi semacam ritual untuk sebuah label busana (muslim). Apalagi di Indonesia yang memiliki pasar dan pangsa konsumen sedemikian besarnya, koleksi Ramadhan dan Lebaran menjadi sebuah demand yang harus dipenuhi oleh produsen.

Kali ini, koleksi yang kami soroti adalah dari Up2date dan Kami Idea. Dengan segmen pemakai yang hampir sama, baik Up2date maupun Kami Idea semakin matang dalam mendefinisikan rancangannya.

Up2date

Sedari awal, Up2date mempunyai konsep bahwa busana muslim adalah busana sepanjang tahun. Hal ini terlihat dari tren fashionnya yang bergulir untuk memenuhi kebutuhan muslimah setiap saat, tidak hanya (istimewa) di bulan Ramadhan. Karena itu, Up2date juga jarang mengeluarkan koleksi khusus saat Ramadhan bahkan Lebaran. Tetapi tidak dapat dipungkiri, kebutuhan busana muslim yang meningkat berkali lipat pada bulan ini, dan perhatian yang lebih tinggi ditujukan pada koleksi-koleksinya, membutuhkan sebuah kemasan khusus yang berbeda dibandingkan bulan lainnya.

upretrospeksi

Tema Retrospeksi Gaya diusung oleh Up2date, yang mengeluarkan busana basic yang diberi sentuhan baru, dan dapat dipadupadan sehingga menimbulkan cita rasa baru. Padu padan yang sarat inspirasi dan penyegaran memperlihatkan bahwa busana bersiluet panjang dan longgar bisa tampil segar dan tidak membosankan.

upenergising

 

Dalam banyak look tersebut, Up2date juga menyiratkan apa yang disebut sebagai DNA produknya, sebuah karakter yang melekat pada label ini, yaitu berbusana muslim dengan gaya yang tidak berlebihan. Kesahajaan harus terlihat dalam berbusana muslim. Up2date tidak ingin pemakainya menjadi pusat perhatian karena gaya yang aneh dan berlebihan, tetapi cukup cerdas untuk menampilkan personal touch yang unik dan berbeda. Menjadikan busana muslim tampil elegan dan bermartabat, serta mencerminkan pemakainya yang berkepribadian matang dalam mengekspresikan diri dalam fashion.

 

upterakhir

 

Warna-warna yang dipilih juga berada dalam nuansa kalem, bahkan pale. Salah satu tema look Ramadhan ini adalah Sandy Mood, busana dengan warna-warna pasir, beige, ashy, dan pale peach yang sangat basic dan cenderung muted color. Warna-warna tersebut dipilih karena sangat ‘masuk’ untuk dipadupadankan dengan warna lainnya, dan tidak akan menjadi penghalang, apapun konsep padu padan personal kita. Selain itu, warna-warna tersebut, berdasarkan filosofi warna, juga mencerminkan pribadi yang matang, content, dan dewasa.

Mau melihat lebih banyak lagi koleksi yang dikeluarkan Up2date pada bulan ini? Mari meluncur ke halaman instagram @Up2date_world.

Next: Pandhara by Kami Idea