Korean Skincare 101: Su:m 37 & Fermentasi Alamiah

Seperti yang sudah saya sebutkan di artikel ini, saya memang sedang tergila-gila pada skincare Korea. Jadi, jangan heran, ya, kalau beberapa bulan ke depan saya akan membombardir kalian dengan artikel tentang produk-produk Korea. Merek pertama yang ingin saya bahas lebih lanjut adalah Su:m 37. Memang namanya belum begitu merebak seperti merek Sulwhasoo, History of Whoo atau Laneige. Tapi kalau masalah kualitas, merek ini sebenarnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sebelum menulis artikel ini, saya sudah mencoba beberapa produk dari Su:m 37 selama hampir tiga bulan. Pengalaman saya sendiri cukup menyenangkan, makanya saya sampai merasa harus menulis artikel ini karena informasi tentang produk ini belum pernah ditulis di Female Daily. Kalau di forum Female Daily, sih, pembahasan Su:m 37 ini sudah panjang sekali thread-nya.

SUM37-Image

Su:m 37 sendiri umurnya belum lebih dari 5 tahun dan adalah merek yang dikeluarkan oleh LG – ya, produsen yang sama dengan kulkas dan mesin cuci itu – yang juga sukses meluncurkan History of Whoo. Kalau banyak yang menaruh History of Whoo sebagai kompetitor langsung Sulwhasoo milik Amore Pacific, maka bisa dibilang sebenarnya Su:m 37 ini melibas pangsa pasar baik Sulwhasoo maupun Hanyul (adik kecil Sulwhasoo yang ditujukan untuk pangsa pasar usia 20-an dan 30-an) sekaligus. Banyak yang melansir Su:m37 ini sebagai versi Korea-nya SK-II. Tidak heran, sih, sebenarnya kalau Su:m37 bisa mendapatkan label seperti ini, karena kandungan unggulan mereka adalah ekstrak dari 80 spesies tumbuh-tumbuhan yang dikembangkan melalui fermentasi alamiah. Sounds familiar?

Kata kunci yang ingin ditekankan oleh Su:m37 adalah fermentasi alamiah. Tidak heran kalau mereka bisa benar-benar menggali keunggulan fermentasi karena Korea sangat dikenal dengan makanan hasil fermentasi, sebut saja kim chi yang sudah tidak asing lagi. Tidak seperti kebanyakan produk yang sudah ada di pasaran yang juga mengunggulkan fermentasi untuk mendapatkan kandungan unggulan mereka, produk Su:m37 benar-benar didapatkan dari hasil fermentasi alamiah, bukan artifisial. Fermentasi buatan atau artifisial menggunakan mikro-organisme artifisial yang dibudidayakan untuk menciptakan bahan yang diinginkan dalam waktu singkat namun tidak bisa meniru dinamika dari vitalitas mahluk hidup. Sehingga hasil yang didapat pun tidak maksimal.

Dibutuhkan waktu sekitar 365 hari untuk mengumpulkan 80 macam bahan berbeda yang akan digunakan dalam proses fermentasi. Setelah itu, 365 hari lagi digunakan untuk fermentasi dalam mendapatkan kandungan yang dibutuhkan oleh Su:m 37. Nama Su:m 37 ini adalah gabungan dari kata ‘su:m’ yang dalam bahasa Korea berarti pernafasan kulit dan ’37’ yaitu 37°C suhu ideal yang digunakan untuk mendapatkan hasil fermentasi alami optimal.

 

Selanjutnya: Lini Produk dari Su:m 37 untuk berbagai macam permasalahan kulit >>