Tried & Tested: Etude Baking Powder BB Deep Cleansing Foam

Sudah baca artikel saya sebelumnya tentang Baking Soda sebagai exfoliator natural di artikel ini? Seharusnya, dengan cara sesimpel itu, saya tidak perlu mencari lagi produk dengan fungsi yang sama. Tapi… masalahnya, saya ini pemalas. Produk perawatan wajah yang saya pakai sudah cukup panjang langkahnya, jadi ada saatnya saya tidak mau menambah kerepotan dengan meramu lagi sabun cuci muka saya.

Karena itulah, saat menemukan Etude Baking Powder Pore & Bb Deep Cleansing Foam, saya langsung senang dan teringat pada kiat yang saya baca dari Paula Begoun tentang khasiat baking soda. Sabun cuci muka yang sudah mengandung baking powder untuk membersihkan pori-pori secara menyeluruh? I’m in!

baking_powder_bb_deep_cleansing_foam_zps31005fa8

Lalu, bagaimana pengalaman saya menggunakan Etude Baking Powder Pore & BB Deep Cleansing Foam ini, apakah hasilnya sememuaskan hasil racikan sendiri?

Sabun cuci muka ini diformulasikan dengan baking powder untuk memberikan pembersihan secara menyeluruh bahkan sampai ke dalam pori-pori, sehingga kita tidak lagi perlu mengkhawatirkan pori-pori tersumbat dengan berbagai macam kotoran. Dari ulasan yang saya baca, banyak yang menyukai sabun ini karena bisa membersihkan minyak dari wajah dengan efektif. Janjinya, sih, walaupun membersihkan minyak, tapi sabun ini mampu menyeimbangkan kelembaban kulit pada saat pembersihan. Berikut adalah deskripsi lebih jelas tentang produk ini.

 

What it is:

BB cream Formulated facial cleanser with baking powder and natural scrub beads is used for deep cleaning. Gently strip off the skin and penetrate clogged pores. Removes make-up and residue for clean skin. Includes Micro beaded scrubs penetrate pores to extract deep residue. It has a light and foamy texture with micro beads that feels nice on the skin. Slight citrus and natural scent, leaving skin feeling refreshed and brightened after.

Pendapat saya tentang produk ini?

Tekstur: Sangat padat hingga seakan tidak ada udara di produk ini. Ketimbang produk sabun cuci muka lainnya, produk ini benar-benar padat. Jadi, kalimat ‘a little goes a long way’ benar-benar menggambarkan produk ini. Hanya dengan produk sebesar biji kedelai, saya sudah bisa menghasilkan busa yang banyak dan padat untuk membersihkan seluruh wajah. Terdapat butiran yang lumayan terasa pada wajah tapi sama sekali tidak menimbulkan rasa sakit. Saya rasa penyebabnya adalah baking soda yang terdapat pada produk ini.

Formula: Begitu menyentuh kulit, produk ini tidak membuat kulit terasa kencang atau kering, begitupula setelah dibasuh. Agak kaget memang, karena begitu banyak mereka dengan kulit berminyak yang menyukai produk ini, maka saya berpikir kulit saya akan jadi kering-kerontang. Ya, memang benar kulit saya langsung terasa kesat, tapi tidak terasa tertarik hingga sakit.

Aroma: Awalnya saya membayangkan produk ini berbau khas obat, seperti apotek. Ternyata, baunya lumayan segar, sedikit seperti lemon tapi tidak begitu keras. Ternyata memang ada kandungan lemon peel di dalamnya.

Pemakaian: Bagi yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya memakainya terlebih dahulu di area leher sekitar belakang telinga. Lihat apakah ada reaksi negatif seperti kulit memerah. Kalau iya, sebaiknya jangan memakai produk ini. Tapi, untuk saya yang berkulit kering, produk ini tidak menyebabkan masalah. Tentu saja saya hanya memakainya di malam hari ketika saya sudah pergi seharian jadi perlu pembersihan lebih menyeluruh. Produk ini juga bisa digunakan hanya pada hari-hari di mana kegiatan di luar lebih banyak dari biasanya dan butuh pembersihan ekstra.

Final verdict? Dengan harga yang lumayan terjangkau dan mirip dengan kebanyakan sabun cuci muka saya lainnya, saya pikir produk ini benar-benar value for money. Bekerja sesuai harapan saya dengan membersihkan sampai ke dalam pori-pori dan tidak menyebabkan efek negatif pada kulit kering saya. Sedangkan kalau saya meracik sendiri sabun cuci muka + baking soda, terkadang kulit saya bisa merah-merah karena sensitif terhadap efek baking soda, karena itu saya tidak bisa terlalu sering memakainya. Padahal saya suka sekali hasil yang diberikan – muka jadi kinclong.