Budget Beauty: Baking Soda sebagai Scrub dan Masker

Baking sodaSudah pernah dengar tentang keajaiban baking soda sebagai exfoliator? Kalau belum, coba baca artikel satu ini. Sebenarnya mengenai khasiat, sih, saya tidak mempertanyakannya lagi. Baking soda sudah terkenal sekali khasiatnya sebagai exfoliator natural yang bekerja mengangkat sel kulit mati sehingga lapisan kulit yang terlihat kusam terangkat sempurna dari wajah dan menghasilkan wajah yang terlihat lebih cerah dan sehat.

Ketimbang physical exfoliator pada umumnya – contohnya facial scrub – partikel baking soda terasa lebih lembut di wajah dan tidak kasar, sehingga tidak merusak permukaan wajah dan tidak menyebabkan iritasi berlebihan. Walaupun berbentuk bubuk, tapi partikel baking soda ini keras, sehingga tidak mudah larut dan mampu bekerja sebagai eksfoliator. Beauty guru ternama Paula Begoun menganjurkan untuk mencampurkan baking soda ke sabun muka kita untuk membantu eksfoliasi harian – atau setidaknya beberapa kali seminggu.

Sebagai Exfoliator:

  • Campurkan satu sendok teh baking soda dengan sabun cuci muka yang biasa dipakai, kemudian pakaikan ke wajah seperti biasa dan basuh dengan air dingin secara menyeluruh. Jangan sampai ada residu yang tertinggal, ya! Bisa digunakan 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit bersih.

Sebagai Masker:

  • Campurkan 4 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air. Gunakan pada wajah sebagai masker selama kurang lebih dua menit dan pijat halus (hindari area mata). Kemudian basuh dengan air hangat dan setelah bersih basuh dengan air dingin untuk menutup pori-pori yang telah bersih.

Yang pasti, selain kulit terlihat lebih bersih dan sehat, kantong saya juga bahagia karena baking soda adalah solusi murah untuk eksfoliasi mingguan. Kalau sering baking, produk ini pasti sudah ada di dapur, deh! Jadi, tidak usah pusing mencarinya lagi.