D.I.Y Masker Kunyit untuk Kulit Sehat Bercahaya

 

tumeric_0706

Kunyit adalah bahan rempah yang sejak dulu digunakan oleh nenek moyang kita untuk merawat kulit. Kunyit sering digunakan dalam minuman tradisional seperti jamu dan, bila dikonsumsi secara rutin, dapat membantu untuk melangsingkan tubuh. Namun kali ini saya mau membahas manfaat kunyit untuk kecantikan. Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi hingga dapat mengurangi laju kerusakan sel kulit, dan ternyata kunyit dapat membantu mengurangi keriput, bekas jerawat, maupun dark spots, mencerahkan rona wajah, serta dapat membantu untuk meratakan warna kulit di wajah kita. Tak heran, masker kunyit selalu digunakan oleh pengantin wanita di India sehari sebelum mereka menikah, guna mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Untuk membuat masker ini yang diperlukan adalah kunyit dalam bentuk apapun, baik itu berupa bubuk kunyit untuk mempersingkat waktu maupun kunyit utuh, serta 2 sendok makan yoghurt tanpa rasa (plain yoghurt).Siapkan juga air panas untuk menguapi wajah dan handuk bersih. Sederhana sekali kan?

Langkah-langkah pembuatannya adalah:

1. Satu sendok makan (bila bubuk) kunyit atau 1 buah kunyit. Bersihkan dan kupas kulitnya, kemudian parut kunyit hingga menjadi halus.

2. Aduk secara merata 2 sdm yogurt dengan kunyit yang sudah diparut tadi.

3. Uapi wajah selama 10 menit agar seluruh pori- pori di wajah terbuka dan masker ini dapat menyerap dengan baik ke dalam kulit.

4. Oleskan masker kunyit kepada seluruh bagian wajah dan juga leher, lalu diamkan selama 25 menit.

5. Bilas menggunakan air dingin sambil diusap-usap seperti sedang membersihkan wajah, keringkan wajah dengan handuk, kemudian lanjutkan dengan menggunakan skincare yang biasa digunakan. Untuk meraih hasil yang maksimal, gunakanlah masker ini setidaknya dua minggu sekali.

Apakah masker ini akan membuat muka menjadi kuning?
Iya, tetapi hanya sedikit dan tidak terlalu terlihat. Biasanya hanya bertahan sekitar 2 hari setelah masker diaplikasikan. Jadi, tidak usah takut untuk menggunakan masker ini.
Jadi, tunggu apalagi? Yuk, coba sekarang dan dapatkan healthy glowing skin!