Favorite Cleansers for Acne-Prone Skin

Semenjak mengikuti Menard Skincare Class, saya jadi memberi perhatian lebih untuk ritual membersihkan wajah, terutama di malam hari di mana saya harus membersihkan wajah yang menggunakan makeup sehari penuh.  Belum lagi adanya debu atau kotoran yang menempel, pikiran saya langsung nggak tenang kalau absen melakukan double cleansing di malam hari.  Inti dari double cleansing adalah membersihkan wajah dari makeup, minyak, dan kotoran dengan menggunakan cleanser, lalu setelah itu dicuci dengan menggunakan facial wash.

Nah, karena itulah, sejak tahun lalu saya mulai mencoba beberapa cleanser yang katanya jitu dipakai untuk mengangkat semua makeup dan kotoran, sekaligus bersahabat dengan kulit saya yang berjerawat.  Kelihatannya simple, ya.  Cuma cleanser harusnya nggak perlu terlalu pilih-pilih. Tapi ya, kalau yang nggak cocok, jerawat saya malah tambah parah.  Setelah trial & error selama 10 bulan, ada empat cleanser yang sudah saya pakai selama ini dan beberapa di antaranya bahkan saya beli lagi karena cocok untuk jenis kulit saya.

lisciare_cleansing_creamMenard Lisciare Cleansing Cream

Saat melakukan skin check di beberapa beauty counter yang lengkap dengan mesinnya, termasuk Menard, saya bisa menyimpulkan kalau kulit saya acne-prone, kombinasi yang cenderung kering.  Padahal saya merasa kulit saya lebih cenderung berminyak, lho.  Ternyata, lapisan dalam kulit saya kering, sedangkan permukaannya yang berminyak.  Bisa kebayang, ‘kan, bingungnya saya?  Jadi, saya harus pakai cleanser seperti apa? Hehehe.

Lisciare Cleansing Cream ini bisa dibilang favorit saya nomor satu.  Bisa mengangkat makeup, kotoran, dan minyak yang ada di permukaan kulit wajah, namun juga dapat memberikan kelembaban untuk kulit wajah.  Cocok sekali dengan kebutuhan kulit saya.  Sehabis menggunakan cleansing cream ini, kulit terasa bersih namun nggak kering seperti ditarik, justru malah terasa supple.  Cara pakai cleansing cream ini bisa dibaca di artikel ini.

aveneAvène Cleanance Gel Soapless Cleanser

Saya punya pengalaman bagus dengan Avène Thermal Spring Water dan produk ini sudah menjadi staple di rutinitas skincare saya.  Karena itu, saya jadi berani untuk mencoba produk lain dari Avène, dan Avène Cleanance Gel Soapless Cleanser ini menjadi pilihan utamanya.  Cleanser ini ampuh untuk mengangkat makeup dan kotoran, serta tidak menimbulkan efek samping yang jelek untuk kulit saya.  Karena memang ditujukan untuk oily, blemish-prone skin, saya merasakan minyak berlebih di kulit langsung hilang dan permukaan kulit tidak cepat berminyak jika menggunakan cleanser ini.

Teksturnya memang benar seperti gel, berbeda dengan cleansing cream yang langsung dipakai di wajah tanpa dibasahi air terlebih dahulu, cleansing gel ini baru bisa bekerja dengan maksimal di wajah yang dibasahi terlebih dahulu.  Selain puas dengan hasilnya, saya juga suka cleanser ini karena mudah ditemukan di Guardian yang ada di hampir semua pusat perbelanjaan kota besar. Jadi sudah bisa dipastikan gampang dan cepat kalau mau restock.

Next: Juara Rice Facial Cleanser dan Kiehl’s Blue Herbal Gel Cleanser >>