banner-detik

beauty school

#FDinsight: Hijabers & Kosmetik Halal

seo-img-article

Belum lama ini, Female Daily menggelar survei khusus untuk hijabers dan pendapat mereka tentang kosmetik halal. Seperti biasa, kalau ada survei, member Female Daily aktif untuk berpartisipasi dan menyuarakan pendapatnya. We’re one opinionated bunch, indeed :).

Surveinya dibuka dalam dua minggu dengan hampir 200 responden. Dari pertanyaan yang diberikan, ada beberapa yang bisa dijawab lebih dari satu. Jadi jangan kaget kalau melihat persentasenya ada yang lebih dari 100%

KosmetikHalalClick image to enlarge

 

Beberapa poin yang bisa diambil dari hasil surveinya:

  • Ternyata, hijabers lebih memilih mempelajari kandungan bahan ketimbang bergantung dengan label halal. Ini terjadi karena memang belum banyak merek yang ada label halalnya, dan mereka juga terbiasa untuk membeli produk kecantikan yang sesuai dengan kondisi kulit. Jadi memang harus tahu apakah ada bahan-bahan yang tidak cocok untuk jenis dan kondisi kulitnya.
  • Khusus untuk skincare, selain membaca kandungannya, mereka juga membeli berdasarkan efektivitas produk tersebut. Jadi, kalau memang sudah cocok, mereka akan membeli lagi ketika habis. Selain karena memang sudah mencoba sendiri, mereka juga melihat apakah sebuah produk cukup efektif atau tidak berdasarkan rekomendasi dari teman atau review. Pantas,  area skincare di Female Daily forum dan Female Daily Beauty Review Platform selalu yang paling ramai.


Baca juga: Daftar Kosmetik Bersertifikat Halal

  • Bahan yang paling dihindari oleh para hijabers: Alkohol! Terutama jenis alkohol yang murni. Mengingat mereka lebih peduli dengan bahan ketimbang label halal, bisa jadi juga mereka menghindari alkohol karena tidak cocok untuk kulit mereka, terutama yang sensitif. Selain alkohol, bahan-bahan turunan dari ekstrak babi ataupun binatang lainnya juga mereka hindari.
  • Yang sangat menjadi permasalahan bagi hijabers adalah: rambut! Terutama rambut rontok dan ketombe. Saya bisa mengiyakan karena ini adalah salah satu keyword yang terekam lumayan tinggi oleh Google Analytics Female Daily. Andin, kontributor kami pun mengalami problem yang sama.
  • Permasalahan rambut ini tidak bisa dibilang simpel solusinya karena untuk perawatan ke salon pun bukan hal yang mudah. Salon khusus perempuan tidak begitu banyak. Makanya, hijabers jarang sekali ke salon. 52% hanya ke salon setiap beberapa bulan sekali. Jadi, hijabers mengandalkan perawatan rambut di rumah. Langkah Sariayu mengeluarkan seri  Hijab Hair Care sangatlah tepat untuk menjawab permasalahan hijabers.
  • Para hijabers merasa informasi  seputar halal skincare dan makeup masih terbatas. Mereka menginginkan review yang lebih banyak lagi tentang produk kecantikan yang sudah bersertifikasi halal dan juga belajar tentang tips and tricks makeup.
  • Merek yang sudah bersertifikat halal menurut mereka:  Wardah, Sariayu, PAC, Caring.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment