Susan Bachtiar and Her SK-II Miracle Journey

2014 merupakan tahun penting dan milestone untuk SK-II Indonesia, karena pada tahun ini. SK-II genap 10 tahun hadir di Indonesia. Dan selama itu pulalah SK-II telah menjadi bagian dari perubahan kecantikan wanita Indonesia, dengan bahan alami uniknya, Pitera yang terdapat dalam semua produknya.

Menandai satu dekade keberadaannya di Indonesia, SK-II bersama Susan Bachtiar dan Sebastian Gunawan melakukan perjalanan ke Jepang, ke negara asal brand ini untuk menemukan inspirasi luar biasa yang akan dibagi kepada pengguna setia SK-II dan wanita Indonesia.

Di sela-sela syuting persiapan keberangkatannya, saya berkesempatan untuk berbincang dengan Susan Bachtiar di butik Sebastian Gunawan, mengenai perjalanan yang disebut SK-II Miracle Journey ini dan pencapaiannya bersama SK-II.

susan1

Perjalanan bersama SK-II dan Sebastian Gunawan, pasti akan sangat menarik dan bermakna bagi mbak Susan. Rencananya apa kegiatan selama disana, dan apa yang ingin dicapai dalam perjalanan ini?

Intinya, ini adalah perjalanan untuk menemukan inspirasi bagi kami, SK-II Indonesia, dan bagi Sebastian Gunawan juga. Kita akan mengunjugi SK-II research center, sake brewery dan melihat kesenian Jepang lebih dekat. Kita juga akan bertemu scientists dari SK-II dan ada beberapa workshop kecil yang akan kita ikuti. Saya dan Harpers Bazaar Indonesia juga akan mengadakan pemotretan dalam rangka 10 tahun SK-II, dengan busana dari Sebastian Gunawan.

Sebelumnya mbak Susan juga sudah beberapa kali mengadakan perjalanan ke Jepang bersama SK-II. Apa saja pengalaman yang didapat saat itu?

Perjalanan mengungkap keajaiban Pitera, yang saya sendiri tidak bosan-bosan melihat dan mendengarnya, karena itu merupakan inti dari SK-II itu sendiri, bagaimana Pitera dihasilkan. Namun selain itu, teknologi dalam kosmetika itu harus selalu berkembang, dan SK-II melakukan banyak sekali inovasi melalui produk-produk barunya. Seperti pada trip yang lalu, kita dijelaskan mengenai terobosan dalam Stempower, bagaimana zat aktifnya bekerja, dan dijelaskan langsung oleh para scientist SK-II. Workshop yang saya ikuti, memberikan pengetahuan lebih dalam mengenai sebuah produk. Jadi, buat saya sendiri, tidak hanya memakai dan merasakan manfaat sebuah produk, tetapi juga memahami ‘perjalanan’ bagaimana produk tersebut dihasilkan. Dan melihat sendiri ‘bukti’, doji master -para pembuat sake- yang sudah berusia lanjut tetapi tangannya masih sangat halus, sangat muda.

Yang paling berkesan, saya juga beberapa kali bertemu dengan Mr. Yoshi, yang disebut bapak Pitera. Saya selalu terkesan, dari pertama kali bertemu saat jadi ambasador SK-II tahun 2004, sampai pertemuan beberapa waktu lalu, beliau tidak terlihat lebih tua. He’s one of the living proof of the miracle of Pitera.

SK-II sudah 10 tahun hadir di Indonesia, and being the ‘first time user’, image mbak Susan melekat sekali dengan SK-II. Jarang sekali ada yang bisa setia dan konsisten dengan sebuah (range) produk selama itu. Seberapa jauh SK-II memberikan hasil terhadap kulit wajah mbak Susan?

Sebenarnya sebelum SK-II masuk ke Indonesia di 2004, saya sudah menggunakan SK-II selama sekitar 1.5 tahun.  Saat itu harus beli di Singapura. Untuk menilai suatu produk punya kualitas yang bagus atau tidak, yang bisa merasakan hanya orang yang menggunakannya. Saya sudah menggunakan hampir 12 tahun, yang saya rasakan sendiri, (kondisi kulit) semakin lama semakin baik. Terlebih SK-II juga selalu mengeluarkan produk inovasi baru. Dengan bertambahnya umur, otomatis elastisitas kulit akan lebih berkurang, tapi dengan SK-II terus terang sangat membantu, terutama dengan kulitku dulu yang cenderung kering. Sangat membantu sekali memperbaiki tekstur kulit. Bukan cuma maintenance, tetapi juga improvement.

Menjadi customer SK-II di Indonesia selama 10 tahun, menurut mbak Susan bagaimana image brand ini di mata perempuan Indonesia?

Setelah selama ini yang saya rasakan, image brand ini adalah crystal clear, kulit yang bersih, yang natural. Kita tidak akan melihat iklan SK-II dengan (heavy) makeup, saya sendiri juga tidak suka dengan heavy makeup. Dengan SK-II, bahkan untuk perform di TV pun, aku bisa menjadi diriku sendiri,dengan light makeup saja, hanya mempertegas di bagian mata. Jadi apa adanya kulit saya, ya seperti itu yang ditampilkan. Saya yakin para pengguna SK-II juga merasakan hal yang sama. Diatas 40, yang namanya wrinkles pasti ada, spot pasti ada, tetapi dengan pemakaian SK-II semua itu lebih disamarkan, dan kemunculanya lebih lambat. jadi penuaan dini ini tidak terjadi. jadi, imagenya adalah itu, SK-II is crystal clear.

Bagaimana skincare regime mbak Susan sehari-hari, dan produk SK-II apa yang dipakai?

Untuk pagi, aku cuci muka dengan Facial Treatment (FT) Cleanser. Kemudian menggunakan FT Clear Lotion, FT Essence, dan dilanjutkan dengan serum LXP, dan cream LXP. Setelah itu eye treatment LXP dan diakhiri dengan UV Protection.
Sebenarnya aku pakai produk SK-II sesuai kebutuhan. Untuk ukuranku, semua kebutuhannya sudah ada di LXP series (yang baru akan keluar bulan Februari ini). Sebelumnya aku memakai Stempower. Dan Cream Stempower, dipakai di malam hari, karena teksturnya yang lebih rich dan creamy.

Sekarang aku konsentrasi dengan LXP product. Kalau habis liburan, kena matahari, aku ganti regime ke whitening series, karena untuk kulitku kalau sudah terekspos matahari pasti keliahtan lebih kusam, walaupun sudah dilindungi dengan UV protection. Di tengah-tengah itu, rutin memakai masker 1 minggu sekali. Kalau ada acara, 2 hari sebelumnya juga pakai masker. Kalau capek atau terlalu banyak kena ekspos makeup, seminggu bisa memakai masker lebih dari sekali. Masker yang aku pakai ada 2, FT mask sama 3D mask.

Setelah skincare, untuk makeup sehari-hari, hanya pakai bedak tabur, karena memang lebih ringan. Tidak memakai foundation. Tetapi, lembali lagi, seiring usia, masalah kulit itu pasti ada. Pigmentasi juga pasti akan muncul, tetapi yang di cegah, adalah kemunculannya yang lebih dini. Dan kalaupun timbul, kemunculannya diminimalisir. Kita tidak bisa sama sekali menghindarinya.

Yang terakhir, untuk selebrasi 10 tahun SK-II, Ini adalah kolaborasi pertama SK-II dengan Sebastian Gunawan, mengapa SK-II memilih Seba dalam hal ini?

Seperti diketahui, SK-II adalah brand yang mempunyai masterpiece product, yang ingin memberikan yang terbaik untuk wanita Indonesia. Jadi kita juga ingin bekerjasama dengan sosok yang dikenal sebagai desainer yang selalu menyuguhkan karya masterpiece, yang sudah dikenal, terbukti dan memberikan karya terbaik, terutama dalam mempercantik wanita Indonesia. Karena penampilan kita tidak hanya dengan baju yang bagus, tetapi juga kulit yang bersih, cantik, crystal clear. Inilah mengapa kolaborasi ini sangat cocok . Sebastian sudah menghasilkan banyak masterpiece dalam dunia fashion.

susan2

karya Sebastian Gunawan yang akan dikenakan Susan Bachtiar dalam pemotretan di Jepang