banner-detik

beauty school

Mitos Atau Fakta: Memakai Foundation Setiap Hari Bikin Jerawatan?

seo-img-article

Faktanya, banyak wanita yang berpikir bahwa foundation tidak boleh dipakai setiap hari karena bisa merusak kulit. Pemikiran ini muncul karena foundation dianggap “berat” di wajah sehingga menutupi kulit dan bisa menyebabkan kulit tidak dapat bernafas, menimbulkan komedo dan memicu jerawat. Persepsi ini kemudiam membuat makeup newbie jadi ragu-ragu untuk mencoba foundation. Padahal persepsi tersebut adalah salah kaprah! Kenapa?

foundation

1. Foundation memang tugasnya menutupi kulit wajah!

Ketika memakai foundation, kita seperti melapisi wajah kita dengan satu lapisan sehingga dapat menutupi ketidaksempurnaan di wajah seperti warna kulit tidak rata, kulit yang terlihat kusam, bintik di wajah, dll. Selain itu, memakai foundation bisa membuat wajah kita tampak lebih segar. Kalau tidak bisa menutupi kulit secara merata sehingga memberikan efek-efek tersebut, untuk apa kita memakai foundation?

2. Foundation tidak selalu harus “berat”

Tekstur dan hasil akhir foundation ada bermacam-macam. Jadi tidak selalu harus selalu terasa berat di wajah. Tergantung kita mau coverage seperti apa: light/sheer, medium atau full coverage.

Pilih full coverage foundation untuk acara pesta atau kondisi yang memerlukan kita memakai makeup sedikit medok. Sedangkan untuk sehari-hari, kita bisa memilih medium coverage foundation untuk menutupi ketidaksempurnaan pada kulit. Kalau kondisi kulit sudah bagus dan hanya ingin memberikan efek fresh pada wajah, light coverage foundation bisa dipilih.

3. Kulit masih tetap bisa “bernafas”!

Sebenarnya, kita ‘kan bernafas lewat hidung, benar tidak? Yang diperlukan kulit adalah nutrisi yang cukup dan kelembaban sepanjang hari. Untuk itu, yang diperlukan adalah memakai perawatan wajah yang cukup dan tepat sebelum kita memakai foundation.  

4. Memakai foundation tiap hari tidak merusak kulit

Pemakaian foundation setiap hari tidak menyebabkan tekstur kulit rusak, berjerawat ataupun berkomedo. Yang menyebabkan semuai itu adalah tidak membersihkan foundation ataupun makeup lainnya dengan benar setelah pemakaian. Kalau memakai foundation, cuci muka saja tidak cukup. Jangan lupa melakukan double cleansing setiap malam sehingga makeup yang dipakai terangkat sempurna. Jika kita tidak membersihkan makeup terlebih dahulu dan langsung mencuci wajah, yang terjadi adalah kotoran di permukaan tidak terangkat sempurna sehingga kotoran yang ada di dalam pori-pori tidak bisa dibersihkan dan menumpuk. Pada akhirnya inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo.

Masih tidak percaya dengan judul artikel di atas? Kalau memang benar pemakaian foundation setiap hari tidak baik untuk kulit, kulit saya pastinya sudah hancur berantakan! Hampir tiap hari saya memakai foundation kalau harus keluar rumah. Apalagi beberapa tahun lalu, saya malah lebih memilih full coverage foundation untuk pemakaian sehari-hari. Tapi buktinya, kulit saya masih baik-baik saja. See it for yourself.

Foto 1

Image taken from bargainlifestyle.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment