banner-detik

apparel

6 Barang Yang Harus Dibawa Untuk Berpergian Di Musim Dingin

seo-img-article

Mungkin memang sekarang sudah bukan musim liburan lagi, but I’m pretty sure that this article will come handy someday. Mengingat saya baru saja berpergian pada saat musim dingin, jadi lebih baik saya tidak menunda-nunda lagi menulis artikel ini. Apalagi saat ini di benua Amerika dan Eropa sedang puncaknya musim dingin. Siapa tahu ada yang berencana pergi ke negara di kedua benua tersebut dalam waktu dekat ini.

Jika iya, jangan lupa membawa keenam barang di bawah ini.

1. Baju dalam hangat

Biasanya, di deretan winter wear kita akan menemukan baju dalam yang bentuknya kaos dalam, kaos lengan panjang dan legging yang dipakai untuk lapisan dalam sebelum kita memakai baju. Tidak sekedar kaos biasa, bahan yang dipakaipun biasanya walaupun tipis tapi hangat. Jadi kita tidak harus terlalu banyak memakai lapisan baju. Kalau di Amerika, biasa dikenal dengan thermal, dan dari pengalaman saya, ini yang paling hangat! Di Indonesia, kita bisa menemukan baju dalam sejenis di toko seperti Marks & Spencer atau Uniqlo. Favorit saya adalah Heattech dari Uniqlo, karena benar-benar tipis dan juga biasanya tersedia dalam banyak ragam dan corak, jadi bisa dipakai untuk baju luar juga. Harganya pun relatif terjangkau, sekitar Rp 200,000.

Kalau pergi selama seminggu, jangan lupa membawa sekitar dua sampai tiga potong. Berpergian lebih lama dari itu? Saya rasa empat potong saja cukup dan kalau kotor, tinggal dicuci. Mengingat bahannya tipis, dijemur semalam saja sudah langsung kering, kok.

2. Coat

Dalam memilih coat, utamakan bahan dan ketebalan. Hindari coat yang terbuat dari katun atau jeans, karena malah akan terasa lebih dingin. Biasanya kedua bahan tersebut menyerap dingin. Ada bahan-bahan khusus yang memang dibuat agar tetap terasa hangat sewaktu dipakai. Walaupun kita coba di sini rasanya aman-aman saja, tapi belum tentu loh nanti di sana sama :p

Bahan yang dipakai untuk coat biasanya juga tersedia dalam model jaket pendek. Kalau ragu-ragu membeli coat panjang, pilih saja yang modelnya jaket. Jadi ketika sudah tidak liburan, siapa tahu bisa dipakai kalau udaranya sedang dingin seperti saat musim hujan ini.

3. Topi

Biasanya ini sering dilupakan, karena dinilai tidak benar-benar dibutuhkan. Topi akan sangat menolong kalau udara tidak hanya dingin tapi berangin untuk menjaga kepala kita tetap hangat. Menurut pengalaman sih, kepala dingin ini nih yang memicu pusing. Apalagi kalau hujan rintik-rintik, topi akan membantu kita terjaga dari hujan. Agak sedikit ribet sih, kalau dikit-dikit kita harus buka payung. Asal kepala tidak kena air hujan, tidak usah khawatir sakit.

Lagipula, kapan lagi bisa centil pakai topi?

4. Sarung tangan

Untuk sarung tangan, usahakan memilih yang potongannya slim karena kalau terlalu tebal, akan susah untuk kita memegang benda apapun. Cek juga bahannya. Pastikan terdapat bahan wool agar tangan kita tetap hangat. Oh iya, karena sarung tangan ini adalah salah satu benda yang sering kita buka tutup selama perjalanan, untuk amannya selalu bawa dua pasang. Tapi sebenarnya, di tempat tujuan nanti pasti banyak sarung tangan lucu-lucu dengan harga terjangkau yang bisa kita beli juga. Jadi, setidaknya waktu pergi, kita sudah menyediakan satu pasang.

5. Syal

Walaupun sudah pakai baju berlapis, rasanya tidak pernah saya keluar tanpa syal. Tetap saja udara dingin menembus terasa langsung ke leher. Dan dalam memilih syal juga jangan pilih syal yang bahannya katun. Tetap pilih bahan rajut atau syal yang terbuat dari wool. Di hari-hari di mana kita memakai baju model turtleneck, mungkin bisa bersantai sedikit memakai scarf cantik yang tidak terlalu tebal.

6. Boots

Satu lagi area yang gampang terasa dingin: pergelangan kaki. Oleh karena itu, walaupun tidak harus, tapi lebih aman kalau kita juga membawa boots. Selama udara masih tidak mencapai di bawah 0 derajat, kita masih bisa pakai ankle boots yang nantinya juga bisa dipakai lagi di Jakarta. Tapi kalau sudah di bawah itu, saya sarankan memakai boots sebetis dan terbuat dari kulit atau semacam UGG boots yang akan menjaga kehangatan kaki.

 

So that’s the basic items that you must bring for your next winter travelling.  Kalau di daftar kalian sendiri, apalagi yang harus ditambahkan?

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment