Beauty Junkie Confession: I Now Wear Less Makeup!

Let me take you back to several years ago when I first joined Female Daily forum. Waktu itu, kalau tidak salah ingat, umur saya sekitar 25 tahun dan baru saja punya anak. Saya sedang senang-senangnya berdandan, mengingat pada saat hamil saya muntah-muntah terus jadi boro-boro deh inget mau dandan, sempat mandi sebelum berangkat ke kantor saja sudah alhamdulilah. Setelah mengalami fase “cuti” dari dandan berbulan-bulan dan akhirnya saya menemukan forum Female Daily, hasrat saya kembali jadi bencong dandan makin menggebu-gebu.

Mau tahu saya tiap hari pakai makeup apa saja pada saat itu?

  • Complexion - Biasanya mulai dari primer agar makeup tahan lama. Foundation is next, dan saya masih ingat dulu saya suka sekali full coverage foundation. Dua produk foundation favorit saya saat itu adalah MAC Studio Fix Fluid Foundation dan MAC Full Coverage Foundation. Hasilnya benar-benar flawless dan full coverage. Yeap, dan saya pakai kedua produk ini hampir setiap hari. Untuk bedak saya lebih memilih loose powder agar hasil akhir tidak terlalu cakey.
  • Cheeks – Believe it or not, saya memakai tiga macam produk di pipi. Pertama adalah cream blush dipakai setelah foundation dan sebelum bedak. Tujuannya supaya blush yang saya pakai tahan lebih lama. Saya pilih warna senada dengan blush. Kemudian setelah makeup mata selesai dan bedak dipakai, saya memakai blush dan di tulang pipi saya pakai highlighting powder. Saya masih ingat kok produk favorit saya pada saat itu. Untuk cream blush adalah Stila Convertible Colour dalam warna Gerbera, Lilium dan Peony serta untuk highlighting powder Bobbi Brown Shimmer Brick Gold atau Bronze dan Laura Mercier Shimmer Bloc Peach dan Rose.
  • Eyes – Mata adalah area di mana saya senang sekali bereksperimen! Pada saat itu saya bekerja di organisasi internasional yang dandanannya sebenarnya konvesional, but that doesn’t stop me from experimenting with eye makeup. Saya suka sekali mengkombinasikan dua sampai tiga warna berbeda. Ini adalah salah satu hal yang membuat saya sangat bersemangat bangun di pagi hari. Memikirkan kira-kira pagi ini mau pakai warna apa yah di mata? Maybe MAC Going Bananas with a bit of green? Selain dua sampai tiga warna di area kelopak mata, saya juga memakai highlighting colour yang sampai sekarang masih saya pakai yaitu Bobbi Brown Eyeshadow Bone. Terkadang malah saya juga bereksperimen dengan menggunakan eyeliner warna-warni untuk menghias mata. Jadi totalnya ada sekitar lima sampai enam eyeshadow serta eyeliner yang saya pakai. Oh iya, jangan lupa primer mata, agar makeup mata bertahan lebih lama.
  • Eyebrow and eyelashes - Untuk alis saya pakai eyebrow powder, simpel. Tapi untuk eyelashes, karena bulu mata saya pendek dan tipis maka biasanya saya pakai eyelashes primer, curl effect mascara, dan maskara yang formulanya sedikit cair untuk bulu mata bawah.
  • Lips - Anehnya, dulu walaupun saya suka bereksperimen dengan mata tapi saya hanya menggunakan satu macam lipstik saja yaitu Chanel Rouge Allure Delicate atau Troublant, warnanya nude.

Jadi kalau ditotal kira-kira dulu saya menggunakan setidaknya 16 macam produk untuk makeup setiap harinya! Di antara teman-teman saya, saya dikenal yang paling “heboh” dandanannya. Saya tidak kemudian merasa berkecil hati karena dandanan saya beda dari teman-teman yang lain. The way I see it, how I wear my makeup and dress is an expression of who I am. Apalagi setelah mengenal forum Female Daily, makin tidak malu-malu lagi karena ternyata banyak yah perempuan seperti saya yang tergila-gila makeup.

Fast forward to 7 years after that – saya yang sekarang jarang sekali memakai makeup seheboh dulu. Saya lebih memilih foundation yang hasil akhirnya sheer atau memakai Tinted Moisturiser untuk sehari-hari. Untuk mata, biasanya kalau saya tidak banyak acara saya akan hanya memakai satu warna light untuk seluruh kelopak mata atau menambahkan warna sedikit mencolok untuk outer-v kalau ada acara di luar kantor. Blush? Saya masih mencintai Stila Convertible Color Peony, tapi sekarang saya hanya memakai satu produk itu saja, tidak saya kombinasikan dengan produk lain. Untuk eyeliner, kalau ada acara biasanya saya pakai sedikit tebal dengan gaya cat eyes, tapi kalau hanya di kantor yah tipis-tipis saja. Karena sekarang makeup mata saya tidak terlalu heboh, saya malah jadi lebih bereksperimen dengan lipstick. Totalnya, tidak lebih dari 10 produk saya gunakan setiap hari sekarang.

Banyak teman-teman saya bertanya kenapa justru sekarang saya malah tidak begitu heboh lagi dandanannya. Padahal, sekarang saya malah bebas dandan sesuka saya, mengingat tempat kerja saya tidak sekonservatif dulu.

  • Pertama, saya merasa seiringnya bertambahnya usia, I want to look a bit more demure. Ageing gracefully is what I’m looking for.
  • Kedua, sekarang saya malah lebih fokus ke skincare, waktu yang biasanya saya habiskan untuk berdandan atau menghapus dandanan tebal saya sekarang saya alihkan untuk memakai lebih banyak produk. Karena dengan kulit yang sehat, sepertinya sayang saja kalau pakai makeup tebal-tebal.
  • Ketiga, namanya juga sudah tambah tua, ya. Rasanya malas berlama-lama di depan kaca. Mendingan waktu ekstra itu saya pakai tidur di pagi hari. Benar deh! That simple.

But you know what, I’m still every bit that beauty junkie that you’ve known years ago from the forum. Hanya saja, sekarang “selera” dandanan saya sedikit beda. Saya rasa, hal ini bukanlah hal aneh kalau seiring bertambahnya usia selera kita juga berubah. Benar tidak?

By the way, next week I’m turning 32. So this is a bit of a reflection of how I’ve changed with age. How about you?