Cari Tahu Produk Skincare yang Dibutuhkan di Japan Beauty Week!

Dulu saya nggak peduli dengan kesehatan kulit. Yang saya ngerti cuma sekadar cuci muka aja pas mandi. Jadi dulu saya selalu pakai sabun cuci muka yang ada di rumah, entah itu milik Mama atau kakak, yang penting cuci muka :D Ternyata sabun cuci muka untuk kulit yang kering belum tentu cocok untuk kulit saya yang kombinasi ini dan masing-masing jenis kulit butuh produk skincare yang berbeda.

Seiring berjalannya waktu, dengan bertambahnya minat saya akan makeup, saya juga jadi mulai memperhatikan kondisi kulit. Munculah pertanyaan penting yang saya rasa ditanyakan juga oleh perempuan lainnya, “Harus mulai dari mana? Apa aja, sih, yang harus dipakai?” Setelah benar-benar peduli dengan kesehatan kulit tahun lalu dan juga menanyakan rutinitas skincare teman-teman terdekat dan penghuni kantor Female Daily, saya bisa simpulkan apa saja sih yang diperlukan untuk memulai rutinitas perawatan wajah:

Pembersih muka – Ini tergantung pada metode yang dipilih. Kalau memakai makeup, perlu menggunakan produk cleansing untuk mengangkat foundation, bedak atau blush yang dipakai. Kalau tidak memakai makeup, cukup menggunakan facial wash saja. Saya pribadi sejak dikenalkan dengan double cleansing dari Menard, masih memilih untuk melakukan double cleansing di malam hari (cleansing cream untuk mengangkat makeup, lalu dilanjuti dengan mencuci muka yang bersih dengan facial cream). Tapi ada juga yang merasa setelah memakai cleansing sudah cukup bersih. Ya itu pun nggak apa-apa, sih. Bisa langsung memakai produk berikutnya.

Toner – Sehabis mencuci muka, toner yang membantu untuk memeriksa ulang apakah ada sisa kotoran atau makeup yang tertinggal. Selain itu, toner juga dapat membantu mengembalikan kadar air ke kulit dan juga menyiapkan kulit untuk menerima produk skincare berikutnya. For me, toner is a definitely must-have! Metode memakai toner pun bermacam-macam, ada yang dituang saja di telapak tangan lalu ditepuk-tepuk di seluruh muka, ada juga yang menggunakan kapas.

Pelembap – Atau moisturizer ini sangat penting. Apa pun jenis kulitnya, semua orang butuh pelembap. Saya dulu selalu beranggapan kalau punya kulit kombinasi atau berminyak, nggak perlu pakai pelembap. Kan, udah berminyak, nggak perlu dilembapin lagi. SALAH. Kulit memproduksi minyak berlebih kalau merasa kurang lembap. Jadi sehabis pakai toner, tetap perlu pakai pelembap. Bagi yang punya kulit kombinasi atau berminyak, pakai pelembap tipis-tips saja dan ratakan ke seluruh wajah.

Sunscreen – Pagi hari sebelum beraktivitas, penting untuk menggunakan sunscreen yang mengandung SPF dan PA(+, ++, atau +++) agar kulit terlindungi dari sinar UVA dan UVB.

Selain itu, tentunya masih banyak lagi ragam produk skincare seperti serum, emultion, eye cream, dan lain sebagainya. Tapi sebelum semangat beli ini itu, perlu diketahui dulu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh kulit kita. Nggak usah malu untuk datang ke counter suatu brand kecantikan untuk konsultasi dengan Beauty Advisor di sana dan melakukan skin check. Biasanya ada beberapa brand yang memiliki mesin skin check yang membantu kita untuk mengetahui jenis kulit dan juga memberi diagnosa kondisi kulit kita.  Dan Beauty Advisor-nya bisa membantu untuk mengarahkan kita untuk memakai produk yang tepat sesuai kebutuhan kulit.

Minggu lalu, saya melakukan konsultasi dengan Beauty Advisor Menard karena belakangan ini kulit lebih bermasalah dibandingkan dengan sebelumnya.  Saya pikir kulit saya kombinasi cenderung berminyak, tapi ternyata setelah dicek, kulit saya kombinasi yang cenderung kering dan itu yang menyebabkan timbulnya banyak jerawat. Untungnya, kekenyalan dan kelembapan kulit saya bisa dibilang cukup bagus karena di atas rata-rata, yang perlu diperbaiki tekstur kulit. Membantu banget deh sesi konsultasinya, selain bisa bertanya, diajarin juga tips memakai produknya dengan benar.

Bagi yang mau tahu dengan pasti kondisi kulitnya, pas banget nih, karena di tanggal 23 sampai 26 Januari 2014 ada Japan Beauty Week di Atrium Plaza Senayan. Ini kesempatan untuk memeriksa kondisi kulit juga terima konsultasi gratis! :) Ada enam brand dari Jepang yang berpartisipasi: Menard, Kanebo, Astalift, Hadalabo, Kracie, dan Panasonic Beauty.   Di sana kita bisa coba langsung dan belajar cara pakai produk-produknya, langsung dari Beauty Advisor tiap brand.  Mark your calendar, and don’t miss it, Ladies!